Rabu, 21 November 2018 | 05:14:30 WIB

Korea Selatan Apresiasi Indonesia Sebagai Negara Poros Maritim Dunia

Senin, 2 Juli 2018 | 20:32 WIB
  • (FOTO : PUSKOMKEMHAN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi negara poros maritim dunia. Poros maritim merupakan gagasan strategis yang diwujudkan Presiden Joko Widodo. Untuk itu Pemerintah Korea melalui Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Korea Selatan (Korsel) sangat mengapresiasi gagasan tersebut.

Dalam kesempatan bertemu dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, Senin (2/7), di Kantor Kemhan, Jakarta, Kasal Korea Admiral HM. Hyun-Seong mengungkapkan, hal senada bahwa pemerintah Korea saat ini sedang berupaya untuk menaikkan peranan dan anggaran Angkatan Laut Korsel.

Pemerintahnya kata Kasal Korsel, saat ini sedang menghadapi kesulitan untuk menaikkan anggaran Angkatan Laut. Karena hal ini akan berimbas pada Angkatan Darat dan Angkatan Udara Korea yang akan mengalami pengurangan anggaran apabila terjadi kenaikan anggaran Angkatan Laut. Mengingat anggaran militer Korea hanya 13,6% dari seluruh anggaran.

Menanggapi hal tersebut, Menhan Ryamizard Ryacudu menyamapaikan tanggapannya, bahwa salah satu keuntungan yang didapat dengan bersatunya Korea Selatan dan Korea Utara adalah akan mengurangi anggaran belanja yang tidak diperlukan.

Ryamizard mengungkapkan, jejak sejarah menulis bahwa Korea Selatan dan Korea Utara merupakan saudara kandung. Untuk itu Menhan berharap perdamaian antara Korea Selatan dan Korea Utara sebagai negara tetangga dan saudara kandung dapat segera terwujud. Karena hal tersebut dapat berdampak pada anggaran belanja Korea. (ARMAN R)