Senin, 16 Juli 2018 | 05:56:44 WIB

Kodim 0801/Pacitan Bersama Forkopimda Meriahkan Puncak Hut Bhayangkara Ke-72

Senin, 9 Juli 2018 | 08:15 WIB
  • (FOTO : KODIM0801/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) Bhayangkara ke-72 di Kabupaten Pacitan, ditandai dengan olahraga pagi yang melibatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan, dan masyarakat.

 

Sebanyak kurang lebih 300 peserta saling berbaur dan melaksanakan jalan sehat yang menempuh jarak sekitar 3 kilometer (km). Adapun rute yang ditempuh, start dari halaman Mapolres Pacitan, Jalan A. Yani, Jalan Letjend Suprapto, perempatan Bapangan, dan finish di lapangan Makodim 0801/Pacitan.

 

Sesampainya di Makodim, peserta melanjutkan senam bersama. Kapolres Pacitan AKBP Setyo Kus Heriyatno mengatakan, kegiatan tersebut sebagai rangkaian peringatan hari Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2018.

 

"Semoga dengan kegiatan ini bisa menambah soliditas kerjasama antara TNI-Polri dan Pemda Pacitan," harapnya, Minggu (8/7).

 

AKBP Setyo Kus Heriyatno juga mengomentari pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak di Jawa Timur (Jatim). "Alhamdulillah Pilkada bisa dilaksanakan dengan aman, lancar tidak ada gangguan. Ini menunjukkan kalau masyarakat Pacitan masih bisa menjaga situasi Kamtibmas dengan baik. Tentu, hal ini tidak terlepas dari peran TNI-Polri dan Pemda," jelas perwira polisi dengan dua melati di pundak ini.

 

Sementara itu, Mayor (Inf) Tomy selaku Kasdim 0801 Pacitan menyampaikan harapannya, agar ke depan Polri semakin jaya dan tetap terjaga sinergitas antara TNI-Polri serta Pemkab Pacitan.

 

Dalam kegiatan olahraga pagi tersebut juga dilanjutkan dengan beragam perlombaan, seperti tarik tambang, lomba bakiak, serta pemberian door price, dan pengundian hadiah.

 

Untuk lomba tarik tambang juga diikuti TNI-Polri dan tim Forkompinda Pacitan. Lomba berlangsung seru, mereka saling menunjukkan kekuatan layaknya laga pertandingan. Kedua belah pihak seolah tidak mau kalah sehingga suasana di lapangan Peta, Makodim 0801/Pacitan nampak gayeng.

 

Gelak tawa dan sorak-sorai sejumlah suporter masing-masing tim membelah keheningan pagi. Terlebih saat tim Forkopimda berhasil menarik jatuh tim Polri dan TNI hingga mereka terjungkal dan bergulingan di rerumputan.

 

Merasa tidak terima dikalahkan, tim Polri dan TNI kembali menantang tim Forkopimda untuk bertanding. Upaya tersebut nampaknya sedikit membuahkan hasil. Di babak ketiga pertandingan, korps baju coklat dan baju hijau itu akhirnya berhasil memenangi pertandingan.

 

"Kegiatan ini sebagai ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT, terima kasih atas sinergitasnya selama ini. Polri ,TNI, pemerintah daerah dan awak media telah bersama-sama mewujudkan Pacitan yang kondusif, aman terutama pada Pilgub lalu. Semoga pada pemilu legislatif tahun 2019 mendatang, suasana akan terus seperti ini. Terimakasih semuanya, sebab pada hari Bhayangkara ini, semua bisa bersatu untuk maju," ujar Kapolres. (ARMAN R)