Rabu, 24 Oktober 2018 | 12:36:58 WIB

Lanal Banten Gelar Karya Bakti TNI 2018 Di Wilayah Pesisir

Rabu, 18 Juli 2018 | 09:29 WIB
  • (FOTO : LANALBANTEN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Banten Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, M,M, pada Selasa Pagi (17/7) meresmikan dimulainya kegiatan Karya Bakti (Karbak) di wilayah pesisir Desa Tamansari Medaksa, Kecamatan Pulo  Merak, Propinsi Banten.

 

Karya bakti (Karbak) yang bertema "Melalui karya bakti kita tingkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemanunggalan TNI-rakyat" ini,   merupakan salah satu implementasi operasi kemanusiaan dan sebagai upaya Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukung secara dini sesuai sistem pertahanan semesta yg melibatkan seluruh komponen bangsa. 

 

Karbak ini bertujuan membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menitik berat Karbak ini pada sektor pembangunan bersifat fisik dan non fisik dalam rangka memantapkan kemanunggalan TNI- rakyat dan menumbuh suburkan jiwa kebersamaan untuk gotong royong.

 

Adapun kegiatan Karbak TNI yang dilaksanakan Lanal Banten secara bertahap, pertama tahap pembangunan fisik berupa rehab tempat wudhu di masjid Darusalam, Desa Tamansari Medaksa, Rt.05/Rw. 05, Kecamatan Pulo Merak dan tahap kedua kegiatan non fisik berupa sosialisasi kesehatan umum dan kesehatan lingkungan bagi masyarakat nelayan sekitar.

 

Pada kesempatan tersebut Komandan Lanal (Danlanal) Banten Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki yang didampingi beberapa perwira staf Lanal, menyerahkan bantuan bahan- bahan material, berupa semen pasir keramik, yang diterima langsung oleh Ketua DKM Darusalam Ustad Jaenal.  Hadir pada acara tersebut tokoh agama, ketua RW dan masyarakat sekitar.

 

"Pentingnya kerjasama dan hubungan sinergitas antara masyarakat nelayan  sebagai salah satu pengguna laut di perairan Merak, untuk saling menjaga dan membantu dalam memberikan info dan melaporkan kepada Lanal Banten terkait kerawanan di laut, sehingga kita dapat mencegah dan mengantisipasi secara lebih dini," ujar Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki. (ARMAN R)