Rabu, 24 Oktober 2018 | 06:08:38 WIB

Cegah Abrasi Babinsa Dan Warga Tanami Pohon Di Bantaran Sugai

Kamis, 19 Juli 2018 | 18:13 WIB
  • Foto Koramil Bobong

Bobong Lindo (19/07), Guna mencegah terjadinya abrasi yang diakibatkan tingginya aliran sungai di Desa Air Minggu Kabupaten Pulau Taliabu, Babinsa Koramil 1509-03/Bobong yaitu Serda Adi Krisbiantoro bersama warga binaannya menanami bantaran sungai.

Kondisi Taliabu yang sering dilanda banjir khususnya ketika musim hujan serta rawannya terjadi abrasi akibat derasnya luapan aliran sungai Desa Air Minggu sehingga Babinsa bersama warga berinisiatif melakukan penanaman pohon di sepanjang bantaran sungai dengan pohon kelapa, meskipun pada penanaman kali ini dengan jumlah yang terbatas karena kendala ketersediaannya bibit namun hal tersebut sudah kami laporkan kepada Danramil Bobong Mayor Inf Poniman dan akan segera dibantu dengan bibit pohon lainnya yang memiliki akar kuat dan mengikat tanah sehingga dapat menghindarkan dari bahaya abrasi gerusan air sungai, katanya.

Senada dengan hal tersebut Kades Air Minggu Sdr. Warisun Upik Widodo pada saat di konfirmasi membenarkan bahwa dia bersama Babinsa dan Warga melakukan penanaman ini sebagai upaya pencegahan "Tong Istiar supaya jang air bawa tanah sehingga torang tanam kalapa di pinggir sungai". tegasnya.

Ditempat terpisah Dandim 1509/Labuha Letkol Inf Joni Widodo menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung sepenuhnya dan telah memerintahkan Danramil untuk membantu penyediaan bibit baik yang berada di koramil atau pun harus berkordinasi dengan Dinas Pertanian setempat. (Faisal/Penrem 152)