Rabu, 19 September 2018 | 18:26:56 WIB

Regenerasi Kepemimpinan OSIS, SMAN 2 Singkep Adakan Sidang MPK

Kamis, 13 September 2018 | 14:52 WIB
  • Pembukaan Sidang MPK SMAN 2 Singkep 2018

Sebagai upaya melatih sikap kepemimpinan peserta didik dalam berorganisasi serta bagian dari regenerasi kepemimpinan muda. SMA Negeri 2 Singkep melaksanakan kegiatan Sidang Majelis Permusyawaratan Kelas yang dikenal dengan Sidang MPK.

“Ini merupakan agenda tahun dalam regenerasi kepemimpinan organisasi intra sekolah. Kegiatan ini bertujuan selain melatih sikap kepemimpinan juga melatih cara berkomunikasi mengemukakan pendapat dalam sebuah forum resmi dengan mengedepankan asas musyawarah sebagai pengamalan dari Sila Ke 4,” ujar Syafitriandy, Pembina OSIS saat pembukaan Sidang MPK.

Agenda Sidang MPK ini diantaranya memilih pimpinan MPK, mengesahkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta GBHO OSIS pada tahun 2018, meminta Laporan Pertanggungjawaban Pengurus OSIS Periode 2017-2018 serta memilih dan menetapkan Calon Ketua OSIS dan  Calon Wakil Ketua OSIS Periode 2018-2019.

Terpilih sebagai Pimpinan MPK yakni Evandio R, Wawan Setiawan dan Wandi, sedangkan untuk OSIS terpilih sebagai pasangan kandidat calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS Saudara Sapta Hidayat dan Syalwa Fitriana, kemudian pasangan  kandidat Saudara Farel Ari Indroco dan Muhammad Rauf Dhiaul Haq.

Setelah ditetapkan calon pasangan maka setiap pasangan calon dipersilahkan untuk melaksanakan sosialisasi dan kampanye selama satu minggu, kemudian di tutup dengan kampanye monologis dan pemilihan Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS periode 2018-2019.

Sementara itu Kepala SMAN 2 Singkep, Hendy Wijaya menambahkan Sidang MPK ini merupakan proses pembelajaran peserta didik dalam sebuah alam keterbukaan berpendapat dengan mengedepankan nilai-nilai karakter.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut guru-guru sebagai wali kelas  dan siswa-siswa yang merupakan utusan kelas. Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari, Sabtu (8/9) -Minggu (9/9)  dengan diikuti seluruh Perwakilan Kelas, Pengurus OSIS dan Utusan Ekstrakurikuler. (fiehar)