Rabu, 24 Oktober 2018 | 12:54:53 WIB

Komandan Pusterad Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Dan Corps Raport Kenaikan Pangkat

Senin, 1 Oktober 2018 | 16:09 WIB
  • (FOTO : PUSTERAD/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) Mayjen TNI Hartomo menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di lapangan upacara Mapusterad, Jalan Raya Setu No 27 Cipayung, Jakarta Timur, Senin Pagi (1/10).

Upacara dimulai pukul 08.00 WIB ini berjalan hikmat ditandai dengan penghormatan tanda kebesaran buka dan tutup di sela pembacaan 5 (lima) Panca Sila oleh Irup yang ditirukan seluruh peserta upacara.

Selesai Upacara memperingati Hari Kesaktian Panca Sila pukul 09.00 WIB, di tempat yang sama dilaksanakan upacara corps raport kenaikan pangkat Bintara dan Tamtama.

Dalam sambutannya, Komandan Pusterad (Danpusterad) Mayjen TNI Hartomo mengucapkan Selamat kepada para Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atas anugrah kenaikan pangkat ini.

"Semoga menjadi motivasi bagi anggota Pusterad untuk meningkatkan prestasi dan semangat kerja yang lebih baik lagi," harap Mayjen TNI Hartomo.  

Menurutnya, kenaikan pangkat adalah bentuk penghargaan yang diberikan organisasi sekaligus kehormatan atas prestasi dan dedikasi yang telah ditunjukkan oleh prajurit dan PNS dalam melaksanakan tugas pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

 Oleh karena itu, diharapkan kenaikan pangkat tersebut disikapi dengan rasa syukur, implementasikan syukur itu dalam wujud peningkatan kualitas diri dan kinerja, karena untuk memperolehnya tidak dengan mudah begitu saja, melainkan harus diperjuangkan dengan memenuhi kriteria persyaratan baik secara kesehatan, administrasi, kesegaran jasmani maupun penilaian atasan terhadap sikap dan kinerja prajurit selama ini.

Berkaitan dengan korps raport kenaikan pangkat periode 1 Oktober, di Aula Gajah Mada Mapusterad juga dilaksanakan acara korps raport kenaikan pangkat terhadap Perwira dan PNS Golongan III jajaran Pusterad.

Dalam kesempatan ini, Danpusterad menyampaikan selamat termasuk kepada istri maupun suami yang mendampingi prajurit dan PNS selama ini, karena keberhasilan yang diraih ini tidak terlepas dari do'a dan dukungan yang diberikan oleh keluarga.

“Karena itu, hendaknya dapat dijadikan pendorong dalam rangka mendedikasikan diri serta memberikan pengabdian terbaik khususnya kepada TNI, Bangsa dan negara Indonesia tercinta,” ujarnya.

Danpusterad juga mengharapkan kepada para Perwira dan PNS Golongan III yang naik pangkat untuk dijadikan pendorong meningkatkan ilmu pengetahuan, wawasan, keterampilan serta kepemimpinan, sedangkan amanah adalah suatu kepercayaan dari Allah SWT, karena kenaikan pangkat ini akan dituntut tanggung jawab dalam pengabdian yang semakin besar terhadap tugas dan jabatan yang diamanahkan.

"Kembangkan potensi diri agar mampu berpikir dan bertindak dengan tepat guna menghasilkan karya pengabdian nyata yang bernilai, sehingga kepedulian, kepekaan dan ketajaman dalam mencermati dan menyikapi perkembangan situasi terkini dapat memberikan masukan yang berharga, akurat dan up to date kepada pimpinan masing-masing," kata Mayjen TNI Hartomo.

Sumber yang di dapat dari Kepala Bagian Personel Sespusterad Letkol Inf. Heru Susanto, jajaran Pusterad termasuk Pusdikter yang naik pangkat periode 1 Oktober 2018 mengatakan, ada 3 orang naik pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Mayor ke Letkol, tiga orang dari Kapten Ke Mayor, satu orang dari Lettu ke Kapten. satu orang dari Letda ke Lettu, 22 orang Golongan Bintara, 8 orang Golongan Tamtama dan 3 orang PNS.

Turut hadir mendampingi Danpusterad memberikan ucapan selamat, diantaranya Wakil Komandan (Wadan) Pusterad Brigjen TNI Joko Warsito, Sekretaris Pusterad Kolonel Inf Toto Nurwanto, Ir Pusterad, para Staf Ahli, para Direktur Pusterad, Dansatinteller Kolonel Inf I Made Riawan, S. Psi., dan diikuti seluruh personel jajaran Pusterad.  (ARMAN R).