Minggu, 16 Desember 2018 | 17:50:51 WIB

78 Pati TNI AL Wisuda Purna Wira

Rabu, 10 Oktober 2018 | 20:21 WIB
  • (FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sebagai rasa hormat dan penghargaan seluruh prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) atas jasa dan pengabdian yang telah dilakukannya selama bertugas di lingkungan organisasi, sebanyak 78 Perwira Tinggi TNI AL melaksanakan upacara tradisi Wisuda Purna Wira (WPW) Tahun 2018 yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., di Lapangan Aru kampus Akademi Angkatan Laut (AAL) Bumi Moro, Krembangan, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Rabu (10/10). 

Pada tahun 2018 ini, Perwira Tinggi (Pati) yang melaksanakan WPW, diantaranya mantan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E., M.A.P., mantan Sekjen Kemhan RI Laksdya TNI (Purn) Dr. Widodo, S.E., M.Sc., dan mantan Kepala Badan Keamanan Laut (Kabakamla) Laksdya TNI (Purn) Ari Soedewo, S.E., M.H.

Upacara tersebut diawali dengan upacara Parade Surya Senja, yaitu penurunan bendera Merah Putih saat matahari terbenam, yang secara khas dilakukan oleh para Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL), kemudian dilanjutkan dengan prosesi Wisuda Purna Wira, serta kemudian penyerahan piagam penghargaan dan ucapan selamat dari Kasal kepada para wisudawan.

Dalam amanatnya, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menyampaikan, penghargaan kepada para purnawirawan TNI AL.  "Ini adalah tradisi TNI AL dan nilai luhur yang dijaga. WPW yang diselenggarakan di kawah candradimuka menggambarkan pengabdian prajurit samudra yang tidak pernah berakhir meskipun sudah purna bakti. Ibarat ombak laut silih berganti, gelombang yang datang selanjutnya akan lebih besar ketimbang pendahulunya,” terang Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. 

Acara WPW dilanjutkan dengan ramah tamah di gedung Maspardi AAL yang diawali dengan sambutan Kasal dan Soft Launching Peluncuran Buku Kaleidoskop, dan Buku Biografi serta Buku Fondasi Negara Maritim dari Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi kepada Kasal.

Dilanjutkan dengan penyerahan kartu tanda anggota Pepabri yang disampaikan Ketua Pepabri Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar kepada Laksdya TNI (Purn) Widodo, kartu tanda anggota Perip, penyerahan kartu tanda anggota PPAL yang disampaikan Ketua PPAL Lakdsya TNI (Purn) Joko Sumaryono kepada Laksdya TNI (Purn)  Ari Soedewo dan penyerahan kartu tanda anggota Pipal.

Di akhir prosesi kegiatan wisuda, dilaksanakan pula penyerahan kemudi kapal di atas replika KRI Dewaruci dari perwakilan wisudawan. Dalam hal ini, mantan Kasal Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi kepada perwakilan Perwira Remaja TNI AL angkatan ke-63, Letda Marinir Muhammad Faishal Djruhaei, penerima penghargaan Bintang Adhi Makayasa tahun 2018 sebagai simbolisasi diteruskannya perjuangan dari generasi pendahulu kepada generasi penerus di jajaran TNI AL.

Usai pelaksanaan penyerahan simbolis kemudi kapal, kemudian para wisudawan beserta istri berjalan melewati gapura pedang yang menandai berakhirnya masa pengabdian di TNI AL.

Sebanyak 78 wisudawan Pati TNI AL yang mengikuti acara tradisi ini, terdiri dari satu orang Pati bintang empat berpangkat Laksamana TNI, dua orang Pati bintang tiga berpangkat Laksamana Madya TNI, 34 orang Pati bintang dua berpangkat Laksamana Muda TNI/Mayor Jenderal Marinir TNI, dan 41 orang Pati bintang satu berpangkat Laksamana Pertama TNI/Brigadir Jenderal Marinir TNI.

Upacara tradisi Wisuda Purna Wira merupakan visualisasi dua peristiwa penting yaitu dari perspektif pembinaan TNI AL secara luas dan dari sisi kehidupan kedinasan Perwira TNI AL.

Kedua peristiwa ini secara signifikan menggambarkan awal dan akhir dari proses panjang pembinaan personel TNI AL, serta perjalanan karier seorang perwira dalam melaksanakan dinas aktifnya di TNI AL.

Dua peristiwa ini sangat tepat jika disatukan dalam sebuah upacara yang dilaksanakan di kampus AAL, Bumi Moro, Krembangan, Surabaya. Di tempat ini diawali dan di tempat ini pula diakhiri.

Upacara tradisi ini merupakan acara seremonial yang menggambarkan sebuah pengabdian panjang seorang Perwira TNI Angkatan Laut kepada negara dan bangsa. Melalui upacara ini diharapkan akan tumbuh dan berkembang ikatan dan kesinambungan batiniah yang kokoh dan kuat antara generasi pendahulu dan generasi penerus. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Pepabri Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., Para Asisten Kasal, Para Pejabat Teras Mabesal, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji, dan Pengurus Pusat Jalasenastri. (ARMAN R)