Minggu, 16 Desember 2018 | 20:49:52 WIB

Bantu Korban Banjir, Kodam I/BB Siagakan 50 Personel Di Tiap Posko

Selasa, 16 Oktober 2018 | 14:26 WIB
  • (FOTO : PENDAMBB/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kodam I Bukit Barisan (BB) menyiagakan 50 personil di setiap posko untuk membantu evakuasi dan pendistribusian bantuan bagi korban bencana alam yang terjadi beberapa kabupaten/kota di Sumatera Barat (Sumbar) dan Sumatera Utara (Sumut).

 

Hal itu dikatakan Pangdam I/BB Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah saat pemberangkatan bantuan untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi di Mako Yonkav 6/Naga Karimata, Senin (15/10/).

 

Menurut Pangdam, upaya ini untuk memudahkan evakuasi terhadap korban bencana alam mengingat lokasi yang tertimpa musibah terpisah dan sulit dijangkau. 

 

Selain itu, personel dari Korem 032/Wira Braja dan 023/Kawal Samudera yang dekat dengan lokasi bencana juga sudah membuka posko.

 

Penangangan terhadap para pengungsi, khususnya bagi ibu dan anak-anak serta lansia merupakan prioritas. Terutama membangun tenda untuk para pengungsi.

 

"Tentu membantu dan penanganan para pengungsi khususnya bagi ibu dan anak-anak serta Lansia menjadi prioritas dengan membangun tenda dan pengobatan," ujar Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah.
 
Terkait pembangunan kembali sarana infrastruktur lanjut Pangdam, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda). 

 

Pasalnya, dalam pembangunan infrastruktur ini tidak hanya sekadar membangun saja. Namun juga harus memikirkan dan memperhitungkan efek ke depan.  Mengingat lokasi yang terdampak, setiap tahun terkena bencana banjir.

 

"Jadi harus dipikirkan ke depannya bila pun terjadi banjir tidak akan menimbulkan korban atau kerugian material lainnya sehingga perlu dilakukan upaya mitigasi untuk itu," jelasnya.

 

Selain itu, pihaknya bersama jajaran juga mengumpulkan bantuan. Untuk sementara bantuan yang sudah terkumpul sebanyak Rp 110 juta dan akan disalurkan ke daerah Mandailing dan Pasaman.

 

Selain itu, personil yang diturunkan dari Korem 032/Wira Braja dan Korem 023/Kawal Samudra serta jajaran bersama dengan pihak kepolisian, pemerintah daerah dan BPBD setempat.

 

Pada kesempatan itu, Pangdam I/BB secara simbolis menyerahkan sumbangan Kodam I/BB dan Persit PD I/BB untuk korban gempa dan tsunami yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala di Provinsi Sulawesi Tengah, berupa uang tunai Rp 763.285.000 dan obat-obatan serta mengirimkan tenaga medis.

 

Hadir dalam penyerahan tersebut yang mendampingi Pangdam I/BB, para asisten Kasdam I/BB, Danyonkav 6/Naga karimata, Mayor Kavaleri Jackie Yudhantara, serta pejabat Pendam I/BB dan Yonkav 6/NK. (ARMAN R)