Rabu, 21 November 2018 | 05:15:18 WIB

Keahlian Menyelam Wajib Bagi Prajurit Satlinlamil Surabaya

Rabu, 17 Oktober 2018 | 16:31 WIB
  • (FOTO : DISPENKOLINLAMIL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sebanyak 40 Prajurit Satuan Lintas Militer (Satlinlamil) Surabaya melaksanakan pelatihan selam dasar, yang dilaksanakan di Dislambair Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Rabu (17/10). Kegiatan ini merupakan program kerja Staf Operasi Satlinlamil Surabaya triwulan IV tahun 2018.

 

Latihan selam dasar yang berlangsung sejak 15 hingga 26 Oktober ini bertujuan untuk menunjang operasi matra laut bagi prajurit KRI dan staf Satlinlamil Surabaya.

 

“Bagi prajurit, keahlian menyelam merupakan kemampuan dasar untuk menunjang tugas, terutama bagi prajurit Kapal Republik Indonesia (KRI) dalam melaksanakan operasi laut,” kata Mayor Laut (P) Hadi Subandi selaku Pasops Satlinlamil Surabaya.

 

Pelatihan ini lanjutnya, terbagi dalam materi kelas dan praktek. Mereka menerima materi pengetahuan alat selam, teknik menyelam dan kesehatan penyelaman.

 

Sebelum melakukan kegiatan, mereka dicek kesehatannya oleh tim kesehatan Koarmada dilanjutkan dengan pemberian materi selam dasar di kelas.

 

"Materi praktek yang diberikan meliputi Fin Swimming, water trapen, tahan nafas, masker cleaning, dan giant step untuk menguasai ketahanan peserta latihan," terang Mayor Laut (P) Hadi Subandi.

 

Selain itu tambahnya, peserta latihan menerima pelajaran pengenalan dan penguasaan alat selam, seperti masker clearing, snorkel, tabung gas serta perlengkapannya, rompi selam BCD, alat pemberat balast dan fin yang masing-masing alat sebagai alat bantu pada saat penyelaman.

 

Para peserta latihan yang sebagian besar adalah prajurit KRI, mengikuti latihan tersebut dengan antusias dan semangat, apalagi ditunjang oleh tenaga instruktur yang kompeten dibidangnya. (ARMAN R)