Rabu, 21 November 2018 | 05:14:46 WIB

Pasis Dikreg Seskoal Melaksanakan Diskusi Panel Bidang Kepemimpinan

Rabu, 17 Oktober 2018 | 20:23 WIB
  • (FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-56 TP 2018, melaksanakan Diskusi Panel Bidang Kepemimpinan yang mengangkat tema “Dengan Kepemimpinan Nasional Yang Berkarakter Dan Visioner, Kita Wujudkan Cita-Cita Dan Tujuan Nasional Bangsa Indonesia”, di Kelas A Gedung R.E Martadinata Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu (17/10).

Kegiatan yang diikuti 135 Pasis Dikreg Seskoal dan dihadiri para pejabat utama Seskoal serta Patun Dosen Seskoal ini, menghadirkan dua Panelis, yaitu Prof. Dr. Mahmuddin Yasin,  MBA dan Letjen TNI (Purn) J. Suryo Prabowo dengan moderator Mayor Laut (P) Agus Yunianto dan Mayor Marinir Iwan Permana.

Diskusi panel kepemimpinan ini merupakan salah satu kegiatan dalam kalender pendidikan bagi Pasis Dikreg Seskoal dengan tujuan untuk membekali Pasis lebih menguasai materi ajaran tentang kepemimpinan nasional yang berkarakter dan visioner dalam rangka menghadapi era globalisasi.

Sesuai dengan tema yang diangkat tentunya peran seorang pemimpin nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangatlah penting, salah satunya sebagai pemimin perubahan, yaitu pemimpin nasional yang memiliki visi dan misi jelas kemana bangsa ini akan dibawa.

Sambutan Komandan Seskoal Laksda TNI DR. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. yang dibacakan Dirdik Seskoal Kolonel Laut (P) Prio Budi Leksono mengatakan, peranan pemimpin nasional sangatlah strategis dalam upaya menghadapi segala bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dengan segala macam kompleksitas yang ada dalam rangka pencapaian cita-cita dan tujuan nasional sebagaimana yang tertuang dalam alinea kedua dan keempat Pembukaan Undang – Undang Dasar (UUD) 1945.  

Menurutnya, materi diskusi panel kepemimpinan telah diberikan kepada para Pasis, khususnya tentang kepemimpinan nasional, sekaligus merupakan wahana untuk menggali, memunculkan dan menuangkan gagasan atau pemikiran konseptual sebagai upaya menentukan langkah-langkah penting mewujudkan kepemimpinan nasional yang berkarakter dan visioner.

Usai sambutan dan penyampaian materi dari para panelis,dilanjutkan dengan tanggapan, diskusi dan tanya jawab serta penyerahan cindera mata. (ARMAN R)