Rabu, 21 November 2018 | 05:11:45 WIB

Pangdam I/BB Cek Kesiapan Peleton Siaga Bencana Alam Yon Zipur 1/DD

Kamis, 8 November 2018 | 09:14 WIB
  • (FOTO : PENDAMBB/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah mengecek kesiapan Peleton Siaga Bencana Alam dari Batalyon Zeni Tempur (Yon Zipur) 1/Dhira Dharma. 

 

Pengecekan Peleton Siaga Bencana Alam Yon Zipur 1/DD atau Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (PRCPB) Kodam I/BB ini, digelar di Lapangan Upacara Makodam I/BB, Jalan Gatot Subtoto Km 7,5 Medan, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (7/11). 

 

"Peleton Siaga Bencana Alam Yon Zipur 1/DD ini merupakan cikal bakal satuan sejenis di Kodam I/BB. Selanjutnya satuan seperti ini akan kita bentuk di setiap satuan lainnya, baik di Satuan Tempur (Satpur), maupun Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) yang ada dijajaran Kodam I/BB," terang Mayjen TNI Muhammad Sabrar Fadhilah.

 

Peleton Siaga Bencana Alam (PRCPB) ini lanjutnya, adalah bagian dari kesiapan Kodam I/BB untuk mengatasi bencana alam.  "Karena kita hidup di daerah bencana, maka kita harus mempersiapkan prajurit untuk menghadapi segala kemungkinan bencana yang tidak tahu kapan datangnya," ujar abituren Akademi Militer 1988 ini. 

 

Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah menjelaskan, apa yang dilakukannya adalah mencoba mengorganisir kembali kekuatan yang dimiliki Kodam I/BB, baik personel maupun materil dalam rangka pengerahan untuk membantu situasi kebencanaan. 

 

"Jadi, Peleton Siaga Bencana Alam ini sebagai jawaban atas situasi kebencanaan yang terjadi belakangan ini, seperti di Lombok atau Palu-Donggala. Memang, dalam menghadapi bencana itu, Tentara Nasional Indonesia (TNI) sudah menggerahkan personelnya untuk memberikan bantuan penanganan tanggap darurat. Berdasarkan pengalaman ini, saya mencoba untuk mengorganisir kembali pasukan di Kodam I/BB dengan membentuk satuan-satuan kecil yang mudah digerakan, tapi punya kemampuan yang cukup efektif. Memang, kekuatannya cuma satu peleton, tapi didukung satuan-satuan lain dalam hal kebutuhan alat perlengkapan yang diharapkan," papar Pangdam I/BB. 

 

Mengenai kelengkapan alat perlengkapan untuk Peleton Siaga Bencana Alam ini, Pangdam I/BB tak memungkiri ada satuan yang sudah punya, dan tinggal diorganisir saja. 

 

Namun untuk satuan yang belum memiliki, Pangdam I/BB memastikan akan secara pelan-pelan melengkapinya. "Mungkin juga ke depan akan kita laporkan kepada pimpinan untuk dijadikan prioritas penataan di tubuh TNI Angkatan Darat (AD)," jelasnya.  

 

Pada acara itu, Pangdam I/BB yang didampingi Kasdam I/BB, Brigjen TNI Hassanudin, Irdam, para Staf Ahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, dan para Kabalak Kodam I/BB, berkesempatan mendengarkan langsung paparan dari Danyon Zipur 1/DD Letkol Czi Eko Supri Setiawan mengenai kelengkapan alat perlengkapan Peleton Siaga Bencana Alam Yon Zipur 1/DD ini. 

 

Setelah itu, Pangdam I/BB memberikan pengarahan khusus kepada personel Peleton Siaga Bencana Alam Yon Zipur 1/DD. "Kalian harus bangga telah menjadi bagian dari peleton ini. Terus berlatih dan tingkatkan kemampuan, sehingga bila terjadi bencana, kalian sudah siap digerakan untuk membantu penanganan bencana," pungkas Pangdam I/BB. (ARMAN R)