Selasa, 19 November 2019 | 17:16:04 WIB

Panglima TNI-Kapolri Pastikan Keamanan Perayaan Natal 2018

Selasa, 25 Desember 2018 | 00:08 WIB
  • Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengunjungi Katedral Jakarta, Senin (24/12) malam. Panglima TNI dan Kapolri memastikan keamanan perayaan Natal 2018 dan tahun baru 2019. (FOTO: ANTARA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Pol. Tito Karnavian memastikan keamanan dan kelancaran perayaan Natal 2018 di seluruh Indonesia dalam kunjungannya di Katedral Jakarta, Senin (24/12) malam.

"Malam ini, kami turun langsung ke lapangan, melihat secara langsung pelaksanaan misa yang akan dilaksanakan di gereja-gereja. Semua berjalan aman dan damai sehingga umat Kristiani dapat merayakan Natal dengan baik," kata Marsekal Hadi Tjahjanto selepas mengunjungi Katedral Jakarta bersama Kapolri Tito Karnavian.

Panglima TNI bersama Kapolri mengunjungi tiga gereja pada malam Natal di Jakarta yaitu di Mentang, Kebayoran, dan Katedral.

"Sampai malam ini, kami tidak mendapatkan laporan tentang adanya insiden berkaitan dengan perayaan ibadah Natal baik yang sudah berlangsung dua hingga tiga pekan sebelumnya. Misa-misa yang sudah dilakukan, semua berjalan dengan aman dan lancar," kata Kapolri Tito.

Kapolri menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh anggota TNI/Polri, pemuda gereja dan organisasi masyarakat seperti Banser NU yang turut membantu pengamanan di sejumlah tempat ibadah.

"Malam ini kami di Katedral bertemu dengan para jemaat, ada uskup juga di sini, untuk memberikan jaminan bahwa negara dan pemerintah menjamin setiap warga negara untuk menjalankan ibadah dan kepercayaan menurut agama masing-masing," kata Kapolri.

Selain memastikan keamanan perayaan Natal 2018, Kapolri juga meminta umat Nasrani yang beribadah untuk turut mendoakan para korban bencana alam di Indonesia.

"Di tengah kegembiraan Natal, tahun baru, dan liburan panjang, kita juga mendapatkan musibah bencana alam di selat Sunda dan sekitarnya. Di tengah perayaan ini, kita juga perlu berbelasungkawa sekaligus berikan doa ataupun bantuan lainnya kepada yang mendapatkan musibah," katanya.

Bencana alam yang terjadi di Indonesia, lanjut Kapolri, akan membuat bangsa Indonesia semakin kuat dan saling membantu sebagai satu bangsa.

"Semoga bangsa Indonesia pada 2019 semakin maju, kuat dan NKRI tetap berdiri dengan segala Kebhinekaannya. Perbedaan pada kita bukan pemisah, tapi pemersatu," katanya.

(ANT)