Minggu, 22 September 2019 | 19:54:08 WIB

Debat Capres - Massa Pendukung Capres Meninggalkan Kawasan Hotel Bidakara

Jum'at, 18 Januari 2019 | 00:27 WIB
  • Suasana usai debat capres pertama di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019) malam. (FOTO: ANTARA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Massa pendukung calon presiden dan wakil presiden mulai meninggalkan sekitar hotel Bidakara, Jakarta Selatan, usai melepas kepulangan kedua pasangan calon dari lokasi debat di hotel tersebut.

Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang pertama keluar dari Hotel Bidakara sekitar pukul 22.40 WIB langsung mengarah ke Jalan Gatot Subroto dengan disambut oleh pendukungnya sepanjang lobi Hotel Bidakara hingga ke persimpangan Jalan Rasamala Raya dengan Jalan Gatot Subroto, Kamis (17/1/2019) malam.

Pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno keluar dari Hotel Bidakara sekitar pukul 22.45 WIB namun rombongan ini diarahkan ke lobi atas lebih dahulu sebelum akhirnya meninggalkan Hotel Bidakara sekitar pukul 22.55 WIB menuju ke Jalan Gatot Subroto, juga dengan disambut sepanjang jalan oleh pendukungnya.

Hingga sekitar pukul 22.50 WIB, pendukung kedua pasangan calon masih banyak yang berkumpul dan meneriakan yel-yel dukungan bagi calon-calon dukungannya.

Selepas Prabowo-Sandi meninggalkan lokasi, mobil berpengeras suara milik Kepolisian mengimbau massa agar membubarkan diri dengan tertib.

"Terimakasih bapak ibu sudah hadir dan menjaga kondusifitas, dimohon pada bapak ibu sekalian untuk bisa segera kembali pada lokasinya masing-masing dengan tertib," kata pengeras suara tersebut.

Akhirnya pendukung kedua pasangan calon membubarkan diri sekitar pukul 23.30 WIB seluruhnya.

Pada Kamis ini, dilaksanakan debat pertama untuk pilpres 2019. Untuk debat pertama calon presiden 2019 ini, mengusung tema soal hukum, hak asasi manusia (HAM), tindak pidana korupsi, dan tindak pidana terorisme.

Debat selanjutnya dijadwalkan pada tanggal 17 Februari 2019 mengangkat tema perekonomian.

ANT