Selasa, 15 Oktober 2019 | 16:55:15 WIB

Antisipasi Karhutla, Kodim Tingkatkan Kesiapsiagaan

Kamis, 31 Januari 2019 | 12:56 WIB
  • (FOTO: PENDAM XII TANJUNGPURA/LINDO)

PULANG PISAU, LINDO - Koramil Jajaran Kodim 1011/Kuala Kapuas, mengikuti Latihan Penanganan Karhutla Bersama Manggala Agni dan Regu Pemadam Kebakaran, di di PT. SCP, Desa Paduran Sebangau Kuala, Kabupaten Pulang Pisau. Yang dilaksanakan sejak hari Selasa 29 Januari sampai dengan Rabu 30 Januari kemarin.

Dandim 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kritianto Bawono SIP, saat memberikan keterangan menyampaikan latihan tersebut digelar dalam rangka mengantisipasi adanya perubahan musim di wilayah Kab. Pulang Pisau, dari musim hujan ke musim kemarau.

"Kegiatan latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan semua pihak yang terlibat dalam pencegahan Karhutla dengan kondisi yang dibuat sedemikian rupa seolah-olah memang benar terjadi kebakaran," ujar Dandim 1011/Klk.

Selain personil dari Koramil dan Anggota Manggala Agni serta Regu Pemadam Kebakaran latihan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) juga diikuti oleh PT. Best Agro, PT. SCP, Balai Pengendalian Perubahan Iklim, PKHL (Pengendalian Kebakaran hutan  dan lahan) serta BPBD Kab. Pulang Pisau.

Personel Kodim 1011/Klk bersama anggota Manggala Agni dan Regu Pemadam Kebakaran didukung oleh pihak terkait, bersama-sama melakukan latihan secara riil yg dimulai dari pembekalan dilanjutkan praktek mengenai kesiapan menjaga wilayah Kab. Pulang Pisau dari kebakaran lahan selama memasuki musim kemarau ke depan, mengingat sebagian besar adalah lahan gambut.

Dengan melakukan simulasi dan praktek penanggulangan kebakaran, diharapkan dari kegiatan ini masing-masing instansi yang terlibat dalam operasi penanggulangan Karhutla akan semakin siap, tambah Danramil 1011-15/Pulang Pisau yang turut serta dalam latihan.

PENDAM XII TANJUNGPURA