Jumat, 19 Juli 2019 | 19:49:49 WIB

Pangkohanudnas : Sebagai Prajurit Hanud Tetap Siaga Operasi

Senin, 18 Maret 2019 | 13:19 WIB
  • (FOTO : PENKOHANUDNAS/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Staf Kohanudnas (Kaskohanudnas) Marsma TNI Arif Mustofa, M.M, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara pengibaran bendera 17-an, di lapangan apel Makohanudnas Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (17/3/2019).

Upacara dihadiri oleh Pangkosekhanudnas I Marsma TNI S. Chandra Siahaan, S.IP., Dipl of MDS, M.Tr (Han), para pejabat beserta seluruh anggota Markas Kohanudnas dan Kosekhanudnas I. Upacara bendera 17-an di Bulan Maret 2019 ini membacakan sambutan Pangkohanudnas untuk Kohanudnas dan satuan jajarannya.

Dalam sambutannya Pangkohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., menyampaikan melalui upacara bendera ini, diharapkan kedisiplinan, loyalitas serta dedikasi prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Tentara Nasional Indonesia (TNI) senantiasa terpelihara di dalam hati.

Apalagi menjelang pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif  (Pileg) satu bulan ke depan. Ini merupakan ujian terhadap prajurit TNI untuk menjaga netralitasnya.

“Untuk itu, saya tekankan kepada prajurit dan PNS Kohanudnas beserta jajaran bahwa netralitas TNI adalah harga mati yang harus senantiasa kita junjung tinggi, dengan berpegang teguh pada jati diri kita sebagai prajurit dan PNS TNI yang mempunyai norma-norma keprajuritan, yaitu Sapta Marga, Sumpah Prajurit, delapan wajib TNI dan Panca Prasetya Korpri,” tegasnya.

Sebagai prajurit pertahanan udara lanjutnya, Kohanudnas siaga senantiasa melalui operasi Pertahanan Udara (Hanud) yang dilaksanakan sepanjang masa. Apalagi Kohanudnas sebagai satu-satunya intitusi pertahanan udara Indonesia, kini telah memiliki dasar hukum yang kuat dalam pelaksanaan tugasnya yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pengamanan Wilayah Udara (Pamwilud) Republik Indonesia (RI). PP Pamwilud tersebut merupakan dasar hukum yang kuat bagi TNI AU umumnya dan Kohanudnas pada khususnya dalam tugas untuk menjaga keamanan dan penegakkan hukum di wilayah udara RI.

“Guna pemahaman PP Pamwilud tersebut, khususnya kepada para perwira yang bertugas di seluruh Kosekhanudnas, saya harapkan perwira hukum di tiap Kosekhanudnas untuk mengagendakan sosialisasi PP Pamwilud tersebut kepada seluruh perwira Kosekhanudnas dan anggota yang bertugas di Posekhanudans.  Hal ini penting untuk membekali para perwira dan personel Kohanudnas dan jajarannya setelah terbitnya PP Pamwilud sebagai dasar hukum baru pelaksanaan tugas-tugas Kohanudnas, sehingga seluruh personel Kohanudnas dapat memahami pentingnya PP Pamwilud,” ujarnya.

Bertindak selaku Komandan Upacara Letkol Pnb Setiawan yang juga menjabat sebagai Pabandya Ops Sops Kosekhanudnas I dan petugas upacara lainnya, meliputi perwira dan anggota Kosekhanudas I.

ARMAN R