Minggu, 08 Desember 2019 | 19:32:23 WIB

Dandim 0501/JP BS Dampingi Kapolres Metro Jakarta Pusat Bubarkan Massa

Kamis, 9 Mei 2019 | 20:16 WIB
  • (FOTO : KODIM0501/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Hari ini aksi unjuk rasa dari  beberapa elemen berlangsung di dua tempat yaitu Lapangan Banteng dan Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jakarta Pusat (Jakpus), Kamis (9/5).

Kodim 0501/ Jakarta Pusat (JP) BS mendukung Polri dalam rangka pengamanan aksi di  Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Aksi yang yang tak berizin ini mampu bubar dengan damai berkat adanya upaya humanis dari petugas.

Komandan Kodim (Dandim) 0501 / JP BS Letkol Inf Wahyu Yudhayana mengatakan, pihaknya selalu mendukung Polri dalam melakukan pengamanan. "Kami mendukung Polri dalam mewujudkan suasana di bulan suci Ramadan dan Pemilu selalu kondusif, agar masyarakat merasa aman," ujar Letkol Inf Wahyu Yudhayana.

Kegiatan ini melibatkan anggota Kodim, terutama Koramil 02 / Sawah Besar yang menempatkan beberapa personel sebagai BKO pada Polres Metro Jakpus.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan  mengakui, mereka tak memiliki surat pemberitauan akan melakukan aksi. “Perwakilan mereka sudah bertemu dengan kami. Kesepakatan kami meminta untuk masaa  membubarkan diri dengan tertib. Aksi ini tidak ada penanggungjawab korlapnya, maka setelah dikomunikasikan bahwa kegiatan ini tak ada pemberitauan kepada pihak Polri maka diminta untuk membubarkan diri,” jelas Kombes Harry.

Menurutnya, ada persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin melakukan aksi massa yang ditujukan ke Polda Metro Jaya sebelum aksi dimulai.

Dandim dan Kapolres menegaskan, Polri dan TNI siap mengamankan kegiatan Pemilu dan bulan Ramadan. “Semuanya harus menjaga kesejukan dan kedamaian, banyak masyarakat yang sedang beribadah di sekitaran lapangan Banteng ini, yang berhak mendapatkan fasilitas sama,” ujar Dandim.  (ARMAN R)