Minggu, 18 Agustus 2019 | 18:31:32 WIB

Dispenal Terima Tim Wasrik Itjenal

Senin, 13 Mei 2019 | 20:27 WIB
  • (FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) dalam hal ini Sekretaris Dispenal (Sekdispenal) Kolonel Laut (E) Nevy Dwi Soesanto, S.T., mewakili Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc.Sc., menerima Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Inspektorat Jenderal Angkatan Laut (Itjenal) di bawah pimpinan Irbin Itjenal Laksma TNI Bernhard Setyabudi Heruyono, di Gedung B4 Dispenal, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (13/5). 

Pelaksanaan Wasrik akan berlangsung mulai 13 Mei sampai dengan 24 Mei 2019, yang akan melaksanakan evaluasi atas pelaksanaan Program Kerja dan Anggaran Dispenal Tahun Anggaran (TA) 2017 - 2018. Kegiatan Wasrik diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan perkenalan para pejabat Dispenal, Taklimat Awal dan paparan perkembangan situasi serta kondisi wilayah kerja Dispenal. 

Kadispenal dalam sambutan yang dibacakan Sekdispenal usai menyambut kedatangan Tim Wasrik Itjenal mengatakan, jajaran Penerangan Angkatan Laut mempunyai tugas mempublikasikan semua informasi tentang kegiatan-kegiatan Angkatan Laut, yang meliputi kegiatan pembuatan opini, peningkatan citra, pendokumentasian sejarah Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) serta pembinaan personel profesi penerangan.

Menurutnya, dalam melaksanakan tugas yang sedemikian kompleks tersebut, jajaran Dispenal selalu berupaya mendasarkan kegiatannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku baik di lingkungan TNI, TNI AL, maupun di lingkungan pemerintahan. Sebagai satker pelaksana teknis, maka sudah sewajarnya apabila di dalam pelaksanaan tugasnya, Dispenal perlu mendapatkan pengawasan, koreksi dan penilaian dari Satuan Kerja (Satker) yang berwenang untuk menjamin pelaksanaannya, apakah sudah sesuai ketentuan.  

“Saya berharap, Tim Wasrik Itjenal selain menjadi auditor juga berperan sebagai advisor atas permasalahan yang sampai saat ini dirasa masih menghambat kinerja Dispenal dan kepada para Perwira Staf Dispenal, Saya perintahkan untuk mendukung kegiatan Wasrik secara maksimal, khususnya di dalam memberikan data-data yang diperlukan oleh Tim Wasrik Itjenal,” harap Kadispenal.

Sementara itu, Irbin Itjenal selaku Pengendali Teknis pada Taklimat Awal menyampaikan, dalam kegiatan Wasrik di Dispenal kali ini, Itjenal hadir untuk memberikan Assurance kepada pemimpin TNI AL perihal pencapaian tugas dan fungsi Dispenal sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Orgaspros Dispenal.

“Oleh karena itu kegiatan Wasrik ini hendaknya tidak dipandang hanya sebagai kegiatan normatif atau semata-mata untuk mencari kesalahan, untuk itu mari kita bangun pola keterbukaan dan komunikasi dengan azas edukatif dan kemitraan, sehingga diperoleh informasi dan masukan secara obyektif yang nantinya dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kinerja Dispenal serta TNI AL secara keseluruhan,” terang Laksma TNI Bernhard Setyabudi Heruyono.

Turut hadir dalam Tim Wasrik Itjenal, diantaranya Irdasus Itjenal, Irdaopslat Itjenal, Asbin Itjenal, para Kasubdis Dispenal, para Parik Itjenal, Paban Rendalwas Itjenal, Kataud Itjenal, para Kasi Dispenal dan para pejabat terkait lainnya. (ARMAN R)