Minggu, 08 Desember 2019 | 12:06:07 WIB

Komandan Seskoal : Revolusi Industri 4.0 Dorong Kemajuan Sistem Persenjataan Di Seluruh Dunia

Selasa, 14 Mei 2019 | 19:15 WIB
  • (FOTO : BAGPENSESKOAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D., memberikan kuliah umum dengan tema “Militer dan Globalisasi di Era Revolusi Industri 4.0” kepada Civitas akademika Universitas Indonesia (UI), di Auditorium Juwono Soedarsono Fisip UI, Depok, Jawa Barat, Senin (13/5).

Dalam materinya, Komandan Seskoal membahas mengenai perkembangan teknologi di era Revolusi Industri 4.0 yang mendorong kemajuan sistem persenjataan di seluruh dunia. Militer di banyak Negara dituntut  mampu mengawaki berbagai macam peralatan yang mengarah robotisasi dengan presisi dan akurasi yang tinggi.

Menurutnya, para prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) juga dituntut memiliki kompetensi dan kapasitas literasi digital sekaligus perubahan paradigma dengan nilai-nilai dan norma yang baru.

“Pada Sosiologi Militer juga membahas interaksi sosial manusia (prajurit) dengan bukan manusia (mesin berbasis artificial intelligence). Dengan Leadership Agility, maka para Panglima dan Komandan di lingkungan TNI AL dapat meningkatkan kepemimpinan yang tangkas mengantisipasi perkembangan lingkungan strategis yang semakin kompleks,” terang Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian.  

Kuliah umum tersebut dihadiri Wakil Rektor I UI Prof. Dr. Bambang Wibawakarta, Dekan FISIP UI Dr. Arie Susilo, Guru Besar FISIP UI Prof. Dr. Iwan Gardono, Guru Besar Fasilkom UI Prof. Dr. Wisnu Jatmiko, Dekan Fakultas Teknologi Pertahanan Unhan Dr. Romie Oktovianus Bura, para dosen dan mahasiswa dari Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pertahanan (Unhan) dan perwakilan Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal. (ARMAN R)