Selasa, 15 Oktober 2019 | 16:26:01 WIB

Dankormar Resmikan Mushola Al Jabal Nur Di Titik Tinjau T.12 Puslatpurmar 5 Baluran

Sabtu, 18 Mei 2019 | 11:04 WIB
  • (FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. Han meresmikan Mushola Al-Jabal Nur, di Titik Tinjau T.12 Puslatpur Marinir 5 Baluran, Ds. Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat (17/5).

Kedatangan Dankormar yang didampingi Asintel Dankormar Kolonel Marinir Hendro Suwito, Asops Dankormar Kolonel Marinir Y. Rudi Sulistyanto, Dankolatmar Kolonel Marinir Suliono, S.E., Danlanmar Surabaya Kolonel Marinir Mauriadi dan Koorsmin Dankormar Letkol Mar Widoyono, di Puslatpur Marinir 5 Baluran ini, disambut langsung oleh Aspers Danpasmar 2 Kolonel Marinir Rudi Sumantri, Aslog Danpasmar 2 Kolonel Marinir M. Maftukhin, Asintel Danpasmar 2 Letkol Mar Samson Sitohang, Dandenma Pasmar 2 Letkol Mar Andi Ichsan, Komandan PLP Mar 5 Baluran Mayor Marinir Widarta Kusuma dan Perwira di jajaran Pasmar 2 dan Puslatpurmar 5 Baluran.

Sesampainya di Puslatpurmar 5 Baluran, Dankormar melaksanakan peninjauan fasilitas PLP Mar 5 Baluran, yaitu kamar mandi, barak A,B,C,D,E,F,G,H,I. Alin darat, Alin laut, Bapra, Dapur, lapangan tembak doper dan ruang kesehatan (BP Sugeng Harjotaruno).

Usai melaksanakan peninjauan di Markas Puslatpurmar 5 Baluran, orang nomor satu di Korps Baret Ungu itu melakukan peresmian Musholla Al Jabal Nur dan bangunan Aikon T.12 Relief Marinir di titik Tinjau dengan menandatangani prasasti.

Dalam sambutannya, Dankormar mengatakan, Mushola Al Jabal Nur ini artinya gunung cahaya, jabal Nur itu berada di kota Hijaz tidak jauh dari kota Mekah yang mana disitu terdapat legenda gua hira' tempat Rasulullah pertama kali mendapatkan Wahyu dari Allah SWT.

"Dengan adanya Mushola Al Jabal Nur, semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, mengingat di titik Tinjau T.12 sering digunakan untuk pemantauan latihan, baik latihan intern Korps Marinir, latihan TNI AL, TNI AD maupun latihan Gabungan TNI," harap Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Dankormar juga mengajak untuk ikut menjaga kelestarian Taman Nasional Baluran (TNB) dengan tidak merusak lingkungan yang ada. “Relief ini akan menjadi aikon bagi para peserta latihan, mereka bisa melaksanakan foto bersama disini,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Suliono, S.E mengatakan, Titik Tinjau T.12 merupakan salah satu tempat strategis untuk peninjauan latihan yang dimiliki oleh Korps Marinir (Kormar), di tempat ini para pejabat tinggi TNI, Menteri bahkan Presiden melaksanakan peninjauan latihan, baik Latihan Gabungan TNI maupun latihan prajurit Kormar TNI AL (Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut). Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan foto bersama di depan relief. (ARMAN R)