Minggu, 22 September 2019 | 21:45:58 WIB

Komandan STTAL : Pancasila Mampu Menyatukan Kita Sebagai Satu Bangsa Dalam Bingkai NKRI

Sabtu, 1 Juni 2019 | 22:24 WIB
  • (FOTO : PENSTTAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Komandan STTAL (Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut) Laksma TNI Ir. Avando Bastari, M.Phil, memimpin Upacara Peringatan hari kelahiran Pancasila dihadapan seluruh Civitas Akademika STTAL, di Lapangan Kampus STTAL, Jalan Bumimoro, Morokrembangan, Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (1/6).

Kegiatan upacara tersebut, diawali Pengibaran bendera merah putih, pembacaan Pancasila oleh Inspektur Upacara (Irup) diikuti seluruh peserta upacara, pembacaan surat keputusan,pembacaan UUD 1945, diakhiri amanat dan doa.

Dalam amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, yang dibacakan Komandan STTAL, menyampaikan, pada hari ini, Sabtu 1 Juni 2019 kita berkumpul untuk upacara memperingati hari kelahiran Pancasila, yang mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kondisi geografis yang mempromosikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan "Tanah Air Indonesia". Kesatuan gugusan Pulau di antara dua samudera, pasifik dan hindia, serta di antara dua benua Asia dan Australia.

Kita sebagai bangsa yang memiliki ruang hidup tanah air sebagai satu kesatuan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagaimana dalam konsep wawasan nusantara tumbuh flora dan fauna dengan keaneragaman secara natural merupakan karakteristik dari ke Indonesiaan, demikian pula secara antropologis dan sosiologis keberagaman Ras, Etnis, Agama, Kepercayaan dan Budaya yang ada di Indonesia sejak masa pra aksara hingga sekarang.

Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang di gali oleh Para "Pendiri Bangsa" merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia, bahwa eksistensi ke indonesiaan baik sebagai bangsa maupun negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Berkat Pancasila dengan nilai-nilai toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi satu berkah, Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman dapat di rajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan " Bhinneka Tunggal Ika".

Melalui peringatan hari kelahiran  Pancasila 1 juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "Politik Harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagai dasar negara, Ideologi negara dan Pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

Upacara tersebut dihadiri Seklem, Direktur, Kapokdos, Kaprodi, Kasatker serta seluruh personel dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) STTAL. (ARMAN R)