Selasa, 19 November 2019 | 04:26:41 WIB

Bank Mandiri: Tinggal Rp1,7 Miliar Dana Nyangkut di Nasabah

Sabtu, 3 Agustus 2019 | 07:05 WIB
  • Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas. (FOTO: MEDCOM/LINDO)

JAKARTA, LINDO - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyatakan dana yang belum dikembalikan oleh nasabah akibat kasus sistem eror pada 20 Juli 2019 lalu tinggal Rp1,7 miliar.
 
Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengungkapkan total dana yang masih 'nyangkut' tersebut ada di 37 rekening nasabah.
 
"Kayaknya kalau tidak salah (tinggal) Rp1,7 miliar," kata Rohan di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat, 2 Agustus 2019.

Beberapa nasabah yang belum mengembalikan uang tersebut sulit ditemui karena sedang tidak ada di kediamannya. Rohan menyebutkan ada yang pergi ke luar negeri dan ada juga yang sedang cuti kemudian keluar kota.
 
Bank Mandiri akan terus melakukan upaya persuasif supaya dana tersebut kembali. Tetapi, kata Rohan, perusahaan tidak menaruh target kapan pengembalian dana tersebut rampung.
 
Lebih lanjut mengenai evaluasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap eror sistem yang terjadi ini, Rohan menyampaikan evaluasi tersebut sudah selesai. Penyebab eror sistem itu benar berasal dari cacat produk.
 
"Sejauh ini internal dan OJK sama, cacat di produk barang sistem hardware yang sebetulnya kemungkinannya sangat rendah terjadi tapi itu pas kejadian tapi itu masih kejadian," sebut dia.

MEDCOM