Selasa, 17 September 2019 | 14:18:20 WIB

Rekrut SDM Berkualitas, Kainfolahtadam Jaya Pimpin Seleksi Calon Bintara Unggulan

Rabu, 14 Agustus 2019 | 20:46 WIB
  • (FOTO : PENDAMJAYA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kainfolahtadam Jaya Letkol Chb Donny Oktarizal memimpin langsung jalannya rangkaian seleksi sebelas Calon Siswa (Casis) Secaba Unggulan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) bidang TKJ (Tehnik Komputer dan Jaringan) dan Multi Media, di Aula Infolahtadam Jaya, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (13/8).

Kainfolahta menyampaikan TKJ merupakan salah satu keahlian yang dibutuhakan TNI AD. "TKJ adalah teknik yang mempelajari tentang cara instalasi PC, instalasi LAN, memperbaiki dan mempelajari program-program PC, yang Sumber Daya Manusia (SDM) nya dibutuhkan guna membangun dan membesarkan satuan TNI AD," terang Letkol Chb Donny Oktarizal.

Menurutnya, ada peluang menjadi prajurit TNI AD dengan melakukan seleksi khusus. "Peluang Kerja Teknik Komputer dan Jaringan mendapatkan kesempatan menjadi prajurit TNI AD dengan melalui tahapan - tahapan seleksi secara khusus, seperti yang saat ini dilakukan oleh Satuan Infolahtadam Jaya," ungkap Kainfolahta.

Ia menambahkan, ada persyaratan umum sebagai calon pendaftar. "Selain itu menjadi persyaratan umum, yang harus dimiliki dan dipenuhi oleh para calon pendaftar adalah Warga Negara Indonesia (WNI), berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama, tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polisi dan bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta sehat jasmani dan rohani," jelasnya.

Ada persyaratan lain tambahnya, seperti harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan. "Persyaratan lain adalah : pria/wanita bukan anggota/mantan Prajurit TNI/Polri atau PNS TNI, belum pernah menikah, tinggi badan pria minimal 163 cm dan wanita minimal 157 cm, harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan, yang meliputi Administrasi, Uji Keterampilan/Skill, Kesehatan, Jasmani, Mental Ideologi dan Psikologi," papar Kainfolahta.

Selain itu, Kainfolahta juga menyampaikan persyaratan khusus bagi Bintara PK Unggulan Atlet. "Persyaratan khusus calon Bintara PK Unggulan Atlet pria/wanita yang dibutuhkan, antara lain Sepakbola, Bulutangkis, Judo, Karate, Taekwondo, Atletik, Tenis lapangan dan Bola voli, minimal pernah mengikuti PON, bagi atlet berprestasi tingkat internasional dan mendapat rekomondasi dari Komiad akan langsung mengikuti Rik/Uji Pusat," ujar Kainfolahta. (ARMAN R)