Rabu, 16 Oktober 2019 | 04:46:42 WIB

Pangdam Jaya Bangga Prajurit Siswa Berhasil Selesaikan Pendidikan Pertama Tamtama Dengan Baik

Sabtu, 7 September 2019 | 12:54 WIB
  • (FOTO : ARMAN/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen Eko Margiyono selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Gelombang I Tahun Anggaran (TA) 2019, di Lapangan Upacara Chandradiimuka, Rindam Jaya, Jakarta Timur, Sabtu (7/9).

Adapun jumlah pendidikan pertama Tamtama TNI AD pada gelombang I ini, sejumlah 260 orang. Selama pendidikan tersebut para siswa  dibentuk, dididik dan dilatih dengan dibekali berbagai kemampuan untuk mengantarkan menjadi seorang Tamtama yang tangguh dan disiplin untuk diterjunkan menjadi prajurit-prajurit tangguh di jajaran TNI AD.

"Saya selaku Pangdam Jaya merasa bangga dan mengucapkan selamat kepada para prajurit siswa yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pertama Tamtama dengan baik," ucap Mayjen Eko Margiyono.  

Menurutnya, sebagai tentara rakyat tentara pejuang tentara nasional dan tentara yang professional, harus  mengaplikasikan seluruh aturan dan nilai-nilai yang terkandung di dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI .

"Sebagai prajurit juga harus menghormati dan menjunjung tinggi supremasi hukum dan Hak Asasi Manusia (Ham), baik dalam berpikir bersikap dan bertindak dengan menjauhi segala jenis pelanggaran dan perbuatan tercela agar senantiasa dapat diterima dan menyatu dengan masyarakat," ujar Pangdam Jaya.

Pendidikan pertama tamtama ini lanjutnya, merupakan pendidikan pembentukan dari warga sipil menjadi prajurit dan Pendidikan pertama tamtama ini merupakan peralihan status dari warga sipil menjadi prajurit dan membekalinya dengan pengetahuan dasar militer.

Pada kesempatan itu, Pangdam juga mengucapan terima kasih kepada orang tua prajurit lulusan pendidikan pertama tamtama (Dikmata).  "Terima kasih setulusnya kepada para orang tua prajurit Dikmata atas restu dan kesediannya agar putranya mengabdi kepada Nusa dan Bangsa serta kepada semua pelatih dari Rindam Jaya," ucap Pangdam. (ARMAN R)