Selasa, 15 Oktober 2019 | 16:20:36 WIB

Pemerintah Sudah Optimal Tangani Karhutla Di Riau

Senin, 16 September 2019 | 17:38 WIB
  • (FOTO : SETNEG/LINDO)

JAKARTA, LINDO – Pemerintah menyiagakan tiga pesawat untuk membuat hujan buatan dalam rangka mengantisipasi Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla) di wilayah Riau, Sumatera.

"Untuk antisipasi Karhutla agar tidak tambah banyak dan tambah luas, maka pemerintah menyiagakan tiga pesawat untuk Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Infromasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo melalui keterangan tertulis, Minggu (15/9). Persawat pertama, Cassa 212-200 dengan kapasitas 1 ton telah dioperasikan di Riau sejak Februari 2019.

Kemudian, pemerintah mendatangkan pesawat CN 295 berkapasitas 2,4 ton yang sudah berada di Pekanbaru. Pemerintah juga akan mendatangkan satu unit pesawat Hercules dengan kapasitas 5 ton yang rencananya sampai di Pekanbaru, pada Senin (16/9).

Agus menyampaikan bahwa operasi tersebut sangat tergantung keberadaan awan yang berpotensial hujan. Jika awan tersebut terdeteksi, pesawat akan diterbangkan dan mengeluarkan bahan semai di atas awan untuk menciptakan hujan buatan.

"Saat pesawat terbang sampai di awan yang potensial hujan maka petugas membuka keran dan garam akan keluar melalui pipa untuk menaburi awan dengan garam. Bahan semai garam NaCl akan mengikat butiran-butiran air dalam awan, kemudian menggumpal menjadi berat dan akhirnya jatuh menjadi hujan," tutur dia.  

Untuk saat ini, tim di lapangan masih menunggu keberadaan awan potensial dalam jumlah cukup banyak.  "Tim masih menunggu sampai pertumbuhan awan potensial cukup banyak dan kemudian dilakukan operasi TMC," kata Agus. Kondisi Riau hingga Minggu (15/9) ini masih mengalami kabut asap akibat Karhutla yang terjadi di wilayah tersebut.

Sementara itu, Pemerintah mengerahkan 50 helikopter dari berbagai kementerian dan lembaga, TNI, Polri, dan swasta untuk melakukan water bombing guna memadamkan Karhutla di wilayah Provinsi Riau.

“BNPB sendiri mengerahkan 42 helikopter untuk pemadaman karhutla,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dikutip dari laman Setkab, Minggu (15/9). (ARMAN R)