Rabu, 16 Oktober 2019 | 04:48:23 WIB

Gubernur AAL Pimpin Paparan Penulisan Skripsi Taruna AAL.

Senin, 16 September 2019 | 23:19 WIB
  • (FOTO : PENAAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. memimpin paparan penulisan dan penilaian skripsi Taruna, di ruang rapat R. Soebijakto AAL, Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur (Jatim) Senin (16/9). Hadir pada paparan tersebut, seluruh pejabat utama AAL, para pembimbing dan segenap pendukung AAL.

Dalam paparan tersebut, Gubernur AAL mengatakan, dalam melaksanakan penelitian untuk penulisan skripsi bagi Taruna dan Taruni AAL, hendaknya disesuaikan dengan profesi mereka kedepan menjadi perwira Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL). 

Gubernur AAL berharap, peran besar dari pembimbing dalam mengarahkan Taruna dan Taruni AAL untuk melaksanakan penelitian, menentukan judul dan penulisan skripsi yang berkaitan dengan Armada, Lantamal, Puspenerbal, Pasmar, Arsenal dan Labinsen, khususnya yang berada di wilayah Surabaya, serta disesuaikan dengan profesi dan Korps mereka selama menjalani pendidikan di AAL.

"Dengan demikian, Taruna dan Taruni AAL dalam menuangkan tulisan penelitian ilmiah kedalam bentuk skripsi, tidak keluar dari koridor yang telah ditentukan dan sesuai dengan harapan organisasi TNI AL. Sekaligus dapat memberi masukan yang sangat berguna bagi kemajuan serta kebesaran TNI AL, bangsa dan negara Republik Indonesia (RI)," ujar Laksda TNI Edi Sucipto.

Dalam penulisan tata naskah tambahnya, hendaknya dibuat dengan bagus, tertata rapi dan serius, mulai dari mengajukan judul, proposal sampai dengan penulisan skripsi, sehingga saat ujian dapat sebagai bukti bahwa telah disetujui melalui diposisi pembimbing guna melanjutkan kepada ujian skripsi secara obyektif.

Taruna dan Taruna AAL kata Gubernur AAL, bisa mengambil teori yang sudah ada ataupun bebas mengambil teori manapun. "Asalkan penelitian dan penulisan skripsi Taruna berkaitan dengan di Armada, Lantamal, Puspenerbal, Pasmar, Labinsen dan Arsenal. Selain itu, untuk kedepan dalam melaksanakan metode penelitian akan diberikan kepada Taruna pada semester 2," jelas Gubernur AAL.

Dalam paparan tersebut, juga dilaksanakan diskusi dan pembahasan secara timbal balik antara Gubernur AAL dan Kepala Departemen dan segenap pembimbing Taruna AAL, guna memberi masukan bagi kedepannya penilaian dan penulisan skripsi Taruna yang sesuai harapan. (ARMAN R)