Jumat, 13 Desember 2019 | 10:50:10 WIB

Pangkohanudnas Apresiasi Pelaksanaan Latihan Hanud Perkasa “D” 2019 

Selasa, 24 September 2019 | 20:46 WIB
  • (FOTO : PENKOHANUDNAS/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., menutup Latihan  Hanudnas Perkasa “D” melalui Video Conference (Vicon) dengan seluruh Kosekhanudnas dan unsur-unsur Hanud Kosekhanudnas IV, Biak, Papua, di ruang Yudha Pusat Operasi Pertahanan Udara Nasional (Popunas), Makohanudnas, Halim Perdanakusuma Selasa (24/9).  

Dalam penutupan latihan tersebut, Panglima Kohanudnas (Pangkohanudnas) didampingi Kas Kohanudnas Marsma TNI Arif Mustofa beserta pejabat Kohanudnas. Melalui Vicon tersebut Pangkohanudnas, selain menyampaikan apresiasi atas terlaksanananya latihan dengan aman juga memberikan arahan serta menutup Latihan Hanudnas Perkasa “D” tahun 2019. 

Pangkohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus selaku Direktur Latihan (Dirlat) mengatakan, selama beberapa hari para peserta Latihan Hanudnas Perkasa “D” telah mencurahkan tenaga dan pikirannnya semaksimal mungkin, untuk mencapai tujuan dan sasaran yang ditentukan. 

"Dari dinamika latihan, kita mengetahui dan memahami pentingnya koordinasi dan mengasah kemampuan secara terus-menerus agar kemampuan kita mengaplikasikan perangkat lunak maupun perangkat keras hanud dapat diwujudkan secara nyata," ujar Marsda TNI Imran Baidirus.  

Selain itu juga lanjutnya, dari pelaksanaan Latihan Hanudnas Perkasa “D” ini dapat ditemukan berbagai permasalahan yang terkait dengan kesiapan hardware serta software yang dimiliki, untuk dijadikan bahan pemikiran dalam upaya pembangunan kemampuan dan kekuatan, jika dihadapkan pada tugas-tugas yang sebenarnya di masa mendatang.    

“Melalui latihan ini, profesionalisme kita diuji seberapa baik kita mengimplementasikan perangkat lunak dan perangkat keras Pertahanan Udara (Hanud) serta menjalin koordinasi dan interoperabilitas dengan unsur-unsur Hanud juga pihak terkait lainnya. Mengingat tugas-tugas kedepan akan terus berkembang, maka wajib bagi kita untuk terus belajar dan meng up date pengetahuan maupun keterampilan, sehingga kita professional dalam bidang tugas kita," ujar Pangkosekhanudnas.

Personel terlibat dalam latihan tersebut, yang meliputi personel dari Kosekhanudnas IV, Satrad jajaran Kosekhanudnas IV (Satrad 242, Satrad 243, Satrad 244 dan Satrad 245).

Ada juga unsur-unsur Hanud lainnya, seperti unsur tempur 1 flight SU 27/30 dari Lanud Hasanuddin, 1 flight Fokker 28 dari Lanud Pattimura, 1 Heli Penerbad dan SAR Paskhas dari Lanud Hasanuddin serta 1 Heli Penerbad dan SAR Paskhas di Lanud Pattimura. (ARMAN R)