Rabu, 20 Juni 2018 | 05:00:09 WIB

Walikota Jakut: Target Proses Pembersihan Kalijodo Rampung Tiga Hari

Senin, 29 Februari 2016 | 16:09 WIB
  • Petugas membongkar bangunan menggunakan alat berat di kawasan Kalijodo, Jakarta, Senin (29/2). (FOTO: ANT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Wali Kota Jakarta Utara Rustam Efendi menargetkan pembersihan kawasan Kalijodo secara keseluruhan akan membutuhkan waktu hingga sekitar tiga hari.

"Setelah hari ini dibongkar, kami akan segera lanjutkan dengan proses pembersihan sisa-sisa pembongkaran. Kira-kira butuh waktu sampai tiga hari sampai semuanya bersih," kata Rustam di Jakarta, Senin (29/2).

Menurut dia, setelah dilakukan pembongkaran terhadap seluruh bangunan pada hari ini, langsung dilanjutkan dengan pembersihan sisa material bangunan serta puing-puing bangunan oleh para petugas gabungan.

"Setelah seluruh kawasan itu bersih, barulah Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI yang mengerjakan pekerjaan selanjutnya, yaitu membangun ruang terbuka hijau (RTH)," ujar Rustam.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Antara di lapangan, saat ini seluruh bangunan di kawasan Kalijodo, RW 05, Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara sudah dibongkar oleh belasan eskavator yang dikerahkan.

Sebelumnya, terdapat sekitar 178 bangunan yang berdiri di kawasan tersebut. Saat ini, seluruh bangunan itu telah dirobohkan dan pemandangan yang mengarah ke Jakarta Barat mulai terlihat dengan jelas.

Seperti diketahui, setelah ditertibkan, kawasan Kalijodo nantinya akan dimanfaatkan sebagai RTH yang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, di antaranya jogging track dan lapangan futsal. (ANT)

EDITOR: ALDY M