Senin, 21 Mei 2018 | 18:15:26 WIB

Tim Sar Lantamal XII Pontianak Laksanakan Evakuasi KM Muara Jaya Yang Terbalik Di Perairan Muara Jungkat

Jum'at, 18 Maret 2016 | 18:09 WIB
  • Prajurit Lantamal XII Pontianak beserta instansi terkait, melakukan SAR KM. Muara Jaya yang mengalami kecelakaan laut.

JAKARTA, LINDO - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigjen TNI (Mar) M. Hari memerintahkan tim Search and Rescue (SAR) Lantamal XII Pontianak bergerak membantu evakuasi kecelakaan Laut KM. Muara Jaya yang dinakhodai Tinkno, di Perairan Muara Jungkat, Kalimantan Barat (Kalbar), Jum'at (18/3).

Dalam tindakan SAR tersebut, Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Andi Rukman memimpin langsung evakuasi KM. Muara jaya dengan didampingi Asops Danlantamal XII, Aspers Danlantamal XII, dan Dansatkamla.

Lantamal XII juga mengerahkan unsur-unsur antara lain, KAL Sambas, Swam Boat, Sea Raider, Sekoci serta speed boat dengan personil medis, penyelam, Satkamla dan personil Lantamal XII Pontianak.

Adapun kronologis kejadian kecelakaan laut yaitu KM Muara Jaya GT 23 terbalik di perairan muara Jungkat Pontianak.  Kapal tersebut berangkat dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Nipah Kuning Pontianak menuju ke laut, tiba-tiba KM. Muara Jaya di perairan Muara Jungkat dengan Posisi 0.02.916 N 109.12.718 E mengalami ketidakseimbangan dan posisi kapal miring ke ke arah Kanan sehingga mengakibatkan kapal terbalik.

Selanjutnya, KM. Muara Jaya sempat mendapatkan pertolongan dari Tag boat (TB) Samudra Sindo 11 yang berada dekat lokasi KM. Muara Jaya, dengan melaksanakan pertolongan yaitu memberikan tali dan menarik untuk membuka haluan, dengan tujuan menyelamatkan Anak Buah Kapal (ABK) KM. Muara Jaya, dengan mempertimbangkan kondisi arus sungai sangat kencang, yang mengakibatkan KM. Muara Jaya tidak bisa diselamatkan dengan perkiraan tiang kapal sudah menancap ke dasar sungai. kapuas.

KM. Muara Jaya dinahkodai Tikno, dengan jumlah ABK sebanyak 13 orang, yang dapat diselamatkan 12 ABK, sedangkan satu orang atas nama Wawan alias soleh (21 thn) di dalam kapal yang belum bisa diselamatkan.

Tim Sar Gabungan yang terdiri dari Tim Sar Lantamal XII, Polair Polda Kalbar dan KPLP Pontianak, Basarnas Kota Pontianak sampai siang ini masih berusaha melaksanakan evakuasi korban dan melakukan pencarian ABK yang hilang atas nama Wawan alias soleh.

ARMAN R