Selasa, 22 Mei 2018 | 05:45:24 WIB

Prajurit Yonif-9 Marinir Tak Kenal Lelah Galakkan Budaya Gotong Royong Di Pesisiran Pesawaran

Jum'at, 18 Maret 2016 | 19:21 WIB
  • Prajurit Yonif-9 Mar “Beruang Hitam” menggalakkan budaya gotong royong bersama masyarakat di desa-desa pesisir Kabupaten Pesawaran, Lampung. (FOTO : DISPENKORMAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Batalyon Infanteri-9 Marinir (Yonif-9 Mar) “Beruang Hitam” menggalakkan budaya gotong royong bersama masyarakat di desa-desa pesisir Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, Jum’at (18/3).

Kegiatan ini sendiri bertujuan menghidupkan kembali budaya gotong royong yang merupakan roh persatuan Bangsa Indonesia, yang mana di era globalisasi ini budaya tersebut kian memudar. Disamping itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan hubungan baik antara masyarakat dan Marinir.

Kegiatan gotong royong tersebut dilaksanakan di beberapa lokasi yang berbeda, misalnya Kompi Markas Yonif-9 Mar, mereka bergotong royong bersama warga Kampung Suren, Desa Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandan membantu merenovasi Masjid Darul Falah yang berada di kampung tersebut.

Sedangkan Kompi Gorilla melaksanakan gotong royong bersama masyarakat Dusun Suka Agung, Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan untuk memperbaiki saluran air guna mencegah banjir, yang akhir-akhir ini dikeluhkan warga sering terjadi apabila hujan lebat turun.

Sementara itu, Kompi Harimau bersama warga Kampung Suka Jaya Laut membersihkan sampah di sepanjang pesisir pantai dan lingkungan kampung. Untuk Kompi Jaguar bergotong royong bersama warga Desa Sukamaju membersihkan lingkungan desa, dan melaksanakan fogging guna mencegah penyebaran penyakit Malaria dan DBD.

Tidak ketinggalan, Yonif-9 Mar juga melaksanakan pembinaan terhadap masyarakat desa di pesisir Pesawaran, guna mencegah penyalahgunaan narkoba, dan memberikan pengetahuan tentang bahaya faham Radikalisme atau ISIS kepada masyarakat desa di sepanjang pesisir Kabupaten Pesawaran.
 
“If You have a problem call the Marines, apa pun masalah masyarakat jangan segan-segan minta bantuan Marinir.  Pasti Marinir akan membantu semaksimal mungkin, dengan harapan Marinir berguna bagi masyarakat Lampung, khususnya masyarakat pesisir Kabupaten Pesawaran,” kata Komandan Yonif-9 Mar Letkol Marinir Datuk Sinaga.
 
Perwira Menengah (Pamen) berpangkat melati dua ini juga menyampaikan bahwa Marinir adalah milik rakyat yang ingin selalu dekat dan harmonis bersama rakyat.
 

ARMAN R