Kamis, 24 Mei 2018 | 22:51:29 WIB

Lanal Ranai Koarmabar Bantu Padamkan Kebakaran di Natuna

Sabtu, 23 April 2016 | 15:33 WIB
  • Prajurit Lanal Ranai membantu masyarakat Dusun Setengar, Natuna, yang mengalami kebakaran hutan. (FOTO : DISPENKOARMABAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ranai salah satu Lanal di jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), membantu masyarakat Dusun Setengar, Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) yang mengalami kebakaran, Kamis (21/4).  Dalam aksi mengatasi kebakaran tersebut Lanal Ranai mengerahkan dua unit kendaraan pemadam kebakaran dan dua unit truk tangki air.
 
Kebakaran yang terjadi di Dusun Setengar Desa Cemaga Selatan, Kecamatan Bunguran Selatan dan Desa Harapan Jaya Kecamatan Bunguran Tengah ini, disebabkan ulah warga yang membakar lahan di musim kemarau.

Hal ini apabila tidak diantisipisipasi sedini mungkin akan menimbulkan kerawanan kebakaran yang lebih besar sehingga akan sulit diatasi mengingat di daerah tersebut sudah memasuki musim kemarau.
 
Komandan Lanal (Danlanal) Ranai Kolonel Laut (P) Arif Badrudin mengatakan, kejadian ini merupakan masalah yang cukup serius di Natuna.   Oleh karena itu, pihaknya selalu berkoordinasi dengan BMKG Natuna untuk mengetahui situasi cuaca dalam beberapa hari ke depan.

Danlanal Ranai juga memerintahkan prajuritnya untuk terus siaga dan bertugas khususnya dalam mengendalikan titik api di beberapa lokasi di wilayah tersebut, karena kebakaran yang terjadi dapat mengakibatkan pencemaran udara dan menimbulkan bencana.
 

ARMAN R