Selasa, 12 Desember 2017 | 09:35:27 WIB

Kasal: Pertahanan Udara Miliki Peran Penting Dalam Konsep Maritim

Senin, 25 April 2016 | 20:44 WIB
  • Kasal Laksamana TNI Ade Supandi saat hadir menjadi pembicara pada kegiatan Seminar Kedirgantaraan yang membahas Poros Maritim, yang dibuka langsung oleh Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna. (FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pertahanan udara memiliki peran yang dominan dalam konsep kemaritiman, karena penguatan maritim bukanlah monopoli Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

“Berbicara maritim, pertahanan udara memiliki peran sangat penting, karena justru hanya pada pertahanan udara yang memiliki surveillance terluas bukan dari kapal yang berada di atas permukaan air,” kata Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, saat hadir menjadi pembicara pada kegiatan Seminar Kedirgantaraan yang membahas Poros Maritim, yang dibuka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna, Senin (25/04) di Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

Senada dengan pernyataan tersebut Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna saat membuka acara mengatakan, sistem pertahanan maritim mampu menentukan Angkatan Laut yang kuat dan juga perlu kekuatan Angkatan Udara yang kapabel.

“Hasil dari Seminar Kedirgantaraan ini, akan menjadi bahan kajian untuk TNI AU dalam memperkuat peranannya mendukung visi poros maritim dunia,” ujar Marsekal TNI Agus Supriatna.

Kegiatan yang digelar selama dua hari di Persada Purnawira Halim, menghadirkan para profesional, mulai dari Dirjen Perencanaan Pertahanan Kementerian Pertahanan, serta sejumlah pakar dalam Hukum Udara dan Hukum Laut.

Pada kesempatan tersebut, Kasal menjadi pembicara terkait Prespektife TNI AL terhadap Peran TNI AU dalam rangka mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia.

ARMAN R