Kamis, 26 April 2018 | 16:38:40 WIB

Tingkatkan Kualitas SDM, Kolatarmabar Bangun Gedung Baru di Sunter

Kamis, 28 April 2016 | 22:04 WIB
  • Kasarmabar Laksma TNI Yudo Margono meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya kegiatan pembangunan Gedung Kolatarmabar di Kelapa Gading, Jakarta Utara. (FOTO : DISPENKOARMABAR/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Untuk mensejajarkan fasilitas belajar mengajar dan latihan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) dan perkembangan teknologi yang semakin modern, perlu direncanakan relokasi Komando Latihan (Kolat) melalui pembangunan fasilitas gedung, modernisasi dan revitalisasi serta penyesuaian alins dan alongins berikut sarana dan prasarana yang dimiliki agar tercapai optimalisasi tugas pokok Kolat Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar).

Hal demikian disampaikan Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksma TNI Yudo Margono mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksda TNI A. Taufiq R, pada acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Kantor Puslat Kolatarmabar beserta sarana dan prasarana di Kodamar Sunter, Jakarta Utara, Kamis (28/4).

Menurutnya, pembangunan gedung Kolatarmabar merupakan momentum bersejarah, karena kondisi fasilitas gedung, alins dan alongins yang ada saat ini kurang memadai dan tidak seimbang jika dibandingkan dengan kegiatan yang diselenggarakan Kolat Koarmabar.   

“Keterbatasan tersebut sangat berdampak terhadap kesiapan dan tingkat profesionalisme prajurit Koarmabar saat penugasan di lapangan dihadapkan dengan perkembangan teknologi, manajemen peperangan dan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang dimiliki TNI AL.

Globalisasi yang terjadi saat ini lanjutnya, membawa perubahan dalam semua aspek kehidupan. Suatu negara maju dan kuat pasti didukung oleh kekuatan militer, khususnya kekuatan laut yang unggul sehingga berdampak pada kehormatan negara saat ini berlomba memperkuat angkatan lautnya untuk menunjukkan dominasi negaranya dalam suatu kawasan.

Menjadi negara yang dihormati kata Kasarmabar, disegani merupakan cita-cita rakyat Indonesia dan menjadi TNI AL berkelas dunia merupakan impian bersama.  Profesionalisme dan dedikasi kinerja seluruh prajurit Koarmabar merupakan faktor utama untuk meraih impian tersebut melalui berlatih dan berlatih dengan sungguh-sungguh.

Turut hadir pada acara peletakan batu pertama pembangunan gedung Kolatarmabar, antara lain para pejabat utama Koarmabar, Komandan Kolatarmabar Kolonel Lauta (P) Gregorius Agung selaku PPK, Direktur PT Tiga Muara Jaya selaku pelaksana pembangunan, Direktur PT Nirmana Krida selaku konsultan perencanaan dan Direktur PT Prada Cipta Ariko selaku konsultan pengawas.

 

ARMAN R