Minggu, 22 Juli 2018 | 17:38:27 WIB

Jaga Kebersihan Laut, Ribuan Personil Kolinlamil Dengan Unsur Maritim Bersihkan Laut

Minggu, 29 Mei 2016 | 17:57 WIB
  • Sejumlah personel Kolinlamil dengan menggunakan skoci karet dan kapal motor sapu-sapu mengangkat sampah yang mengapung di laut. (FOTO : DISPENKOLINLAMIL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksda TNI Aan Kurnia, menggelar aksi pembersihan laut dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (Hut) ke 55 Kolinlamil tahun 2016.

Aksi pembersihan laut ini diawali dengan upacara dan penyerahan alat pembersih sampah kepada dua orang perwakilan secara simbolis dari Pangkolinlamil, di lapangan apel Markas Komando (Mako) Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat, (27/5).

Sebanyak 2000 personel yang tergabung dalam aksi pembersihan laut ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga pukul 09.30 WIB, dengan area lokasi sasaran mulai dari dermaga Kolinlamil hingga ke dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok.

Personel yang terlibat dalam aksi ini, berasal dari prajurit Kolinlamil sebanyak 1500 personel dan selebihnya dari unsur maritim di sekitar pelabuhan Tanjung Priok, diantaranya dari personel Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar), Lantamal III Jakarta, Dishidros, Polairud,Pelindo III, dan dari JICT II, serta dari Pemrintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara (Jakut).

Sejumlah alat apung dikerahkan dalam kegiatan ini, mulai dari skoci karet hingga kapal motor sapu-sapu milik JICT II yang sering digunakan untuk membersihkan sampah di laut. Mereka memungut seluruh sampah yang mengapung di laut, kemudian di bawa ke darat untuk diangkut truk sampah yang telah disediakan oleh Pemkot Jakut.

Menurut Pangkolinlamil, kegiatan pembersihan sampah di laut dengan melibatkan jumlah personel yang cukup banyak, baru kali ini dilaksanakan bersama unsur-unsur maritim yang berada di sekitar pelabuhan Tanjung Priok.

“Saya berharap kegiatan kebersamaan ini terus berlanjut kita lakukan, demi menjaga kebersihan lingkungan laut kita, sehingga terlihat indah dan bersih,” harap Laksda TNI Aan Kurnia.

Di Kolinlamil sendiri lanjutnya, kegiatan pembersihan sampah di laut dilaksanakan setiap hari oleh tim yang telah diditunjuk.  “Mereka melakukan pembersihan sampah di laut saat pagi dan sore hari secara bergantian selama dua jam, terutama di sekitar kolam dermaga Kolinlamil. Setiap hari bisa mengumpulkan lima sampai enam karung,” ungkapnya.

Pangkolinlamil juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel yang terlibat dalam kegiatan pembersihan laut, dan lebih khusus kepada tim panitia Hut ke 55 Kolinlamil yang telah bekerja keras mewujudkan pelaksanaan kegiatan dengan baik.

Uniknya, sebelum melaksanakan pembersihan sampah di laut, seluruh prajurit Kolinlamil dan unsur-unsur maritim lainnya yang ikut pada kegiatan pembersihan laut, mereka melaksanakan olah raga bersama dengan Panglima Kolinlamil, dan ibu-ibu Jalasenastri Kolinlamil.

Dengan gerakan senam Zumba yang dipandu oleh tim senam Zumba Indonesia seluruh personel seakan terbawa hanyut dengan suara musik dan gerakan senam tersebut. Kegiatan senam ini diakhiri foto bersama dengan Panglima Kolinlamil dan ibu-ibu Jalasenastri.

ARMAN R