Selasa, 24 April 2018 | 15:41:08 WIB

Peringatan World Environment Day Unifil 2016 di Lebanon Selatan

Minggu, 5 Juni 2016 | 22:14 WIB
  • (FOTO: PENERANGAN KONGA UNIFIL 2016/LINDO)

LEBANON, LINDO - World Environment Day atau Hari Lingkungan Hidup se-Dunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, merupakan salah satu bentuk kampanye global terbesar terkait pelestarian lingkungan dan hutan.
 
Salah satu program Unifil (United Nations Interim Force in Lebanon) adalah mengajak seluruh komponen yang berada di Lebanon Selatan  melakukan aksi bersama berupa “Fight Illegal Wildlife Trade and Go Wild for Life”. Demikian antara lain disampaikan Roy A. Joblin selaku Chief Regional ICT Services Unifil pada sambutannya dalam rangka peringatan World Environment Day 2016 yang dipusatkan di Green Hill “Walking Trail” Unifil Head Quarter, Naqoura, Jumat (3/6).
 
Acara yang dikemas dengan sederhana tetapi sarat makna tentang pentingnya “Environmental Awareness”, dihadiri antara lain oleh para Pejabat dan Staf Unifil Head Quarter serta Komandan Kontingen Garuda 2016 Kolonel Kav Jala Argananto, M.A..
 
Kegiatan yang diprakarsai oleh United Nations Interim Force in Lebanon tersebut sekaligus juga mengenalkan isu-isu konservasi di Lebanon Selatan melalui Respect Species, Respect Diversity and Respect Life.  Berbagai kegiatan simbolik tersebut, bertujuan untuk meningkatkan perhatian terhadap lingkungan dan memperlihatkan respek kita terhadap lingkungan sekitar.
 
Tema World Environment Day adalah “Fight Illegal Wildlife Trade and Go Wild for Life” yang menjadi dasar kegiatan “The Future of Wildlife is in Our Hands”.  Salah satunya adalah kegiatan berjalan menyusuri suaka yang berada di suaka Green Hill, dimana aneka tumbuh-tumbuhan dan spesies hewan hidup secara alami.
 
Dalam kegiatan ini Komandan Kontingen Garuda 2016 Kolonel Kav Jala Argananto, M.A. turut serta menyusuri suaka Green Hill dan menyaksikan langsung bagaimana situasi dan kondisi di area tersebut.  “Kontingen Garuda Unifil 2016 turut serta dalam mendukung kegiatan ini. Sebagai salah satu Troops Contributing Country terbesar, Kontingen Garuda telah mampu memberikan contoh kepada masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup,” ucapnya. (Penerangan Konga Unifil 2016)

EDITOR: ARMAN RACHMADI