Kamis, 19 Juli 2018 | 11:03:55 WIB

Ronaldinho Anggap Messi Tetap Yang Terbaik

Senin, 18 Juli 2016 | 01:41 WIB
  • Lionel Messi memegang tropi piala bola. (FOTO: IST/LINDO)

CHENNAI, LINDO - Lionel Messi tetap pesepak bola terbaik di dunia meski tidak pernah memenangi trofi internasional utama untuk Argentina, kata mantan rekan setimnya di Barcelona sekaligus legenda Brazil Ronaldinho pada Minggu (17/7).

Messi (29), yang pensiun dari sepak bola internasional pada bulan lalu setelah Argentina kalah dari Chile di final Piala Amerika, merupakan pencetak gol terbanyak untuk negaranya dengan 55 gol, lapor Reuters.

Peraih penghargaan Pemain Terbaik Dunia sebanyak lima kali ini bermain di tiga final Piala Amerika dan final Piala Dunia 2014, namun negaranya menelan kekalahan pada semua pertandingan itu.

Cristiano Ronaldo, sosok yang kerap menjadi rivalnya untuk penghargaan Ballon dOr yang bergengsi, belakangan menjuarai Piala Eropa 2016 bersama Portugal, untuk memicu kembali perdebatan mengenai siapa pemain terbaik dunia di antara kedua bintang itu.

"Bagi saya, Messi yang meninggalkan sepak bola internasional tidak mengubah apapun," kata Ronaldinho kepada para pewarta pada Minggu.

"Ia tetap merupakan pemain sepak bola terbaik di dunia. Rasa hormat yang saya miliki untuk dia tidak berubah sama sekali..."

"Dan jika ia benar-benar memutuskan untuk meninggalkan sepak bola internasional maka olahraga ini akan merindukan kehadirannya, dan demikian juga para penggemar," tambah Ronaldinho, yang bermain di Liga Futsal India.

Ronaldinho, yang bermain untuk Barcelona selama lima tahun dari 2003, mengatakan ia membimbing Messi ketika keduanya bermain bersama di Nou Camp.

Ia mengatakan pemain Argentina itu mengikuti jejaknya dengan membantu penyerang Brazil Neymar di kubu sang juara Spanyol.

"Saya tidak berada di sana untuk melihatnya. Namun saya percaya perhatian dan dedikasi saya untuk Messi, adalah hal yang sama yang Messi lakukan untuk Neymar karena sangat penting bagi pemain yang lebih berpengalaman untuk berbagi berbagai hal dengan pemain-pemain yang lebih muda," kata Ronaldinho (36)."

"Dan saya percaya bahwa itulah salah satu alasan Neymar dapat beradaptasi ke klub dan gaya bermain mereka."

Ronaldinho tidak memiliki klub sejak masa kerja dua bulan di klub Brazil Fluminense tahun lalu, dan tidak menepis peluang untuk bermain di Liga India.

"Saya masih belum pasti, namun saya akan pergi ke tempat di mana saya merasa sangat nyaman dan akan mempertimbangkan kemungkinan (bermain di Liga India) kata pemenang Ballon dOr 2005 itu.  (ANT)

EDITOR: ALDY M