Senin, 16 Juli 2018 | 15:23:07 WIB

Prajurit Koramil 1014-01 Arsel Padamkan Kebakaran Lahan Milik Warga

Rabu, 10 Agustus 2016 | 01:47 WIB
  • (FOTO: PENDAM TANJUNGPURA/LINDO)

KOTA WARINGIN BARAT, LINDO - Sejumlah prajurit TNI dari Koramil 01/Arut Selatan (Arsel) Kodim 1014/Pangkalan Bun dikerahkan untuk memadamkan kebakaran lahan milik warga di Kelurahan Baru Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kota Waringin Barat (Kobar).

Pemadaman dilakukan oleh  tim gabungan terdiri dari Anggoat Koramil, Polsek, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),  Tagana dan Manggala Agni  dengan upaya pemadaman, penyiraman secara manual menggunakan pompa. Saat menemukan titik api, para prajurit harus mencari sumber air, memasang pompa, dan membentangkan selang menuju titik api.

"Kita padamkan titik api yang terdekat dengan pemukiman warga karena keterbatasan peralatan,  sementara titik api yang berada di tengah semak sangat sulit diakses," kata Kapten Infantri Enggarsono usai melakukan pemandaman kebakaran, Senin (8/8) malam.

Selain itu, upaya lain juga dilakukan dengan mendatangkan alat berat untuk membuat sekat sehingga kebakaran tidak meluas, namun beberapa kendala untuk mendatangkan alat berat yang harus melalui kanal kanal yang sudah ada sehingga perlu dibuatkan jembatan, tambahnya.

Tim Gabungan kembali ke Home Base karena hari menjelang malam, kemudian kondisi api sudah mati, namun asap masih tebal dan pembuatan Jembatan kayu saat ini sudah selesai, tukas Kapten Inf Enggarsono Danramil 1014-01/Arsel. (PENDAM TANJUNGPURA)

EDITOR: ALDY M