Senin, 28 Mei 2018 | 06:23:57 WIB

KPU Halteng Rapat Pleno Memantapkan Penyusunan DPS

Rabu, 2 November 2016 | 09:01 WIB
  • Rapat pleno KPU Halteng untuk menetapkan penyusunan Data Pemilih Sementara (DPS). (FOTO: LAMAGI/LINDO)

HALTENG, LINDO - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) Selasa, (1/11) kemarin menggelar rapat pleno untuk membahas penyusunan daftar hasil pemutakhiran untuk ditetapkan sebagai Data Pemilih Sementara (DPS) dalam pemilihan umum bupati dan wakil bupati Kabupaten Halmahera Tengah tahun 2017.

Pada kesempatan itu Ketua KPU Halteng Hairudin Amir membuka secara resmi acara rapat pleno tersebut dan mempersilahkan anggota PPK dari Kecamatan Weda Selatan untuk menerangkan hasil DPSnya dan diteruskan kepada Kecamatan Weda dan seterusnya. Namun, ketika sampai pada penyampaian PPK Kecamatan Patani Timur, namun sayangnya PPK Kecamatan Patani Timur tidak sempat hadir sehingga diambil alih oleh pemimpin rapat yakni Ketua KPU Halteng sendiri.

Kegiatan pleno tersebut dihadiri juga oleh anggota Panitia Pengawas Pemilihan Halteng, tim pemenang dari pasangan calon Elang-Rahim serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Halmahera Tengah.

Masing-masing PPK telah membacakan hasil rekapitulasi DPS yang telah dilakukan di Kecamatan masing-masing. "Hasil rekapitulasi DPS ini diperoleh dari hasil pencocokan dan penelitian yang dilaksanakan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sebelumnya," kata Ketua KPU kemarin.

Selain itu Ketua KPU juga mengajak kepada seluruh penyelenggara yang sempat hadir agar pro aktif dalam pelaksanaan pilkada serentak ini, khususnya di Kabupaten Halmahera Tengah. Dan menurutnya upaya ini dilakukan agar seluruh warga Halteng yang telah memiliki hak pilih agar berperan aktif dengan melihat apakah namanya sudah masuk dalam Daftar Pemilih Sementara atau belum.

"Seluruh warga Halteng yang telah memiliki hak pilih agar berperan aktif dengan melihat apakah namanya sudah masuk dalam Daftar Pemilih Sementara atau belum," jelasnya.

Ketua KPU mengatakan jumlah penyusunan daftar pemilih hasil pemutakhiran yang dimasukan kedalam DPS sebanyak 35.157 pemilih yang terdiri dari laki-laki sebanyak 17.917 pemilih dan perempuan sebanyak 17.240 pemilih.

"Kalau masih ada warga yang belum tercantumkan nama anda di DPS maka secepatnya daftarkan diri anda pada petugas PPK yang ada dikantor kecamatan," jelasnya.

Usai rapat pleno dilanjutkan dengan penandatanaganan berita acara pleno penetapan rekapitulasi daftar pemilih sementara oleh Ketua KPU Halteng Hairudin Amir dan empat anggota komisionernya yakni Sri Dewi Nurlaila, Sunarwan Mochtar, Sofyan Abd Gafur, Vera M Kolondam untuk diberikan satu rangkap untuk tim pasangan calon pasangan bupati, satu rangkap untuk Panwaslu Halteng dan satu rangkap lagi dijadikan sebagai arsip. (LAMAGI LA ODE)

EDITOR : ALDY MADJIT