Minggu, 20 Mei 2018 | 16:37:56 WIB

Babinsa Tandes Komsos Dengan Perangkat RW Putat Gede Surabaya

Sabtu, 3 Desember 2016 | 02:31 WIB
  • (FOTO: Penrem 084/BJ/LINDO)

SURABAYA, LINDO - Para Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0830/05 Tandes Wilayah Kelurahan Putat Gede Pelda Lukmanul melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan beserta perangkat RW Kelurahan Putat Gede dalam rangka membahas rencana kerja bakti bersih-bersih kampung dan antisipasi banjir di wilayah tersebut, pada Jumat (2/12).

Rencana karya bakti yang dibahas dalam bersih-bersih desa kali ini terfokus pada sampah dan selokan-selokan, karena musim hujan dikhawatirkan banjir.

“Kurangnya kesadaran sebagian masyarakat dengan membuang sampah tidak pada tempatnya akan membuat pemukiman terlihat kumuh. Kami TNI bersama jajaran Muspika Kecamatan Putat Gede mencoba memberi contoh kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan karena selain terlihat kotor juga dapat mengganggu kesehatan, apalagi kalau sudah tiba musim penghujan sudah pasti akan menimbulkan bau tidak sedap," kata Pelda Lukmanul.

Menurut Danramil 0830/05 Tandes Mayor Inf Eko Resmojo, apa yang dilakukan Babinsa dan bersinergi dengan Perangkat RW dan warga bertujuan untuk menumbuhkan kedasaran warga tentang kebersihan dan kesehatan lingkungan, disamping itu mempererat tali silaturahmi dan kerjasama yang baik dalam rangka mendukung tugas pokok Babinsa serta terwujudnya kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Secara rutin kita mendatangi dan berkomunikasi dengan berbagai elemen masyarakat seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan lainnya,” tutur Mayor Inf Eko Resmojo.

Pelaksanaan komunikasi sosial ini juga merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan.

“Babinsa adalah ujung tombaknya satuan di lapangan, sehingga kegiatan Komsos yang dilaksanakan oleh Babinsa dapat diterima positif oleh masyarakat. “Melalui kegiatan itu Babinsa tahu kalau ada permasalahan cepat terselesaikan,” pungkasnya. (Penrem 084/BJ)

AHMAD DAILANGI