Kamis, 09 April 2020 | 21:30:05 WIB

Hasil Survei Lembaga Australia Capres Jokowi Masih Unggul dari Prabowo

Selasa, 2 April 2019 | 17:48 WIB
Hasil Survei Lembaga Australia Capres  Jokowi Masih Unggul dari Prabowo

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto usai debat keempat Pilpres 2019 di Jakarta. (FOTO: ANTARA/LINDO)

CANBERRA, LINDO - Lembaga surveri Australia, Roy Morgan, menyebutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo mengalami penurunan pada Maret 2019. Namun, Jokowi dianggap tetap unggul dibanding lawannya, Prabowo Subianto.

Hasil survei Roy Morgan, dukungan untuk Jokowi turun 0,5 persen pada Maret kemarin. Padahal pada Februari lalu dukungan untuk petahana mencapai 56,5 persen.

Sementara dukungan untuk Prabowo naik 0,5 persen menjadi 43,5 persen. "Tetapi Jokowi masih berada di jalur yang tepat untuk kemenangan pada Pemilihan Presiden bulan ini," kata Kepala Eksekutif Roy Morgan, Michele Levine, Selasa 2 April 2019.

Jajak pendapat ini dilakukan pada Maret 2019 dengan 1.102 pemilih Indonesia berusia di atas 17 tahun.

Dukungan kuat untuk calon presiden nomor urut 01 ini sangat penting bagi partainya, Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P). Partai pimpinan mantan presiden RI Megawati Soekarnoputri ini mendapat dukungan 39 persen.

Lagi-lagi dukungan ini menurun sejak Februari 2019. Sementara dukungan untuk Gerindra, partai yang dipimpin Prabowo, yang menjadi lawan utama Jokowi tidak berubah sebesar 21 persen pada Maret 2019.

Kantong suara untuk Jokowi berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan Prabowo memimpin di Jakarta, Jawa Barat, dan Sulawesi.

Hasil analisis Roy Morgan menunjukkan, suara untuk Jokowi kuat di daerah pedesaan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatera Utara. Secara keseluruhan, sebanyak 63 persen warga pedesaan mendukung petahana.

Di wilayah Jawa Tengah, Jokowi meraih 66 persen, sementara untuk Jawa Timur dan Bali, dia mendapat 78 persen. Roy Morgan juga menuturkan dukungan kaum perempuan meningkat untuk petahana, sementara kaum pria beralih ke Prabowo.

Kaum milenial Indonesia, yang berusia sekitar 25 hingga 34 tahun memberikan suara terkuat untuk Jokowi. Namun, untuk rentang usia di bawah 25 tahun, dukungan terkuat diberikan kepada Prabowo.

MEDCOM

Berita Terkait