Kamis, 17 Juni 2021 | 09:43:51 WIB

Besok Shalat Id, Warga Ternate Berbondong-bondong Ziarah dan Berkurban

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 17:52 WIB
Besok Shalat Id, Warga Ternate Berbondong-bondong Ziarah dan Berkurban

Masjid Jammi Al-Awwabin Kelurahan Sangaji, Kota Ternate, Maluku Utara, menyiapkan hewan kurban sapi sebanyak 8 ekor dan 16 ekor kambing. (FOTO: ALDY/LINDO)

TERNATE, LINDO - Puluhan warga Kota Ternate, pada Sabtu (10/8/2019) sore, melaksanakan ziarah kuburan di makam keluarganya di pemakaman umum Kelurahan Salero,  Kota Ternate, Maluku Utara.

Kegiatan ziarah ini dilakukan bertepatan dengan pelaksanaan hari raya idul adha, yang jatu pada Minggu besok (11/8/2019).

Sementara, untuk persiapan shalat idul adha pada Minggu pagi, hampir semua tempat ibadah seperti di masjid dan lapangan terbuka yang ada dikota Ternate, telah siap melaksanakan sholat id pada Minggu (11/8/2018) pagi.

Ketua pelaksana shalat id di Masjid Jami Al Anshar, Kelurahan Kasturiyan, Kota Ternate, Kamaludin Rivai mengatakan untuk pelaksanaan shalat idul adha di masjid Al Anshar telah rampung, dan sdh siap melaksanakan ibadah shalat id pada minggu pagi.

Sedangkan, di masjid Imam Bonol Salero Ternate, pada pelaksanaan ibadah shalat id pada minggu pagi telah siap menampung ratusan jamaah.

Walaupun tidak memasang tenda di badan jalan, namun panitia shalat id di masjid tersebut tetap mempersiapkan jika jamaah membludak.

Lain hal dengan Masjid Jammi Al-Awwabin di Kelurahan Sangaji, Kota Ternate siap menampung jamaah untuk sholat idul adha sebanyak 1.250 jamaah.

Sedangkan panitia di masjid tersebut tidak mengijinkan jamaahnya untuk melakukan shalat id diluar pagar atau di badan jalan. Karena panitia masih menyediakan sejumlah tempat ibadah seperti di lantai satu dan lantai dua di Masjid Jammi Al-Awwabin.

Pantauan dari media ini, sejumlah hewan kurban yang disediakan oleh panitia di masjid itu, adalah sapi sebanyak 8 ekor, dan kambing kurang lebih 16 ekor. Menurut rencana, panitia akan melakukan pemotongan hewan kurban pada Minggu (11/8/2019) pagi sekitar pukul 09.00 sampai dengan selesai.

Sementara kupon yang dibagi oleh panitia sebanyak 350 lembar untuk warga yang ada di Kelurahan Siko dan Kelurahan Sangaji, Kota Ternate.

ALDY

Berita Terkait