Kamis, 17 Juni 2021 | 10:27:01 WIB

Masjid Al Munawar Ternate Sediakan Puluhan Ekor Kurban

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 18:09 WIB
Masjid Al Munawar Ternate Sediakan Puluhan Ekor Kurban

Hewan kurban siap di sembeli di Masjid Al Munawar Ternate. (FOTO: ALDY/LINDO)

TERNATE, LINDO - Masjid Al Munawar Ternate, pada Minggu (11/8/2019) siang, akan menyembelih puluhan ekor kurban, diantaranya, 16 ekor sapi dan 26 ekor kambing.

Demikain hal itu dikatakan Ketua Panitia Rustam Abas disela-sela kesibukannya di Masjid Al Munawar, Ternate, Maluku Utara, Sabtu (10/8/2019).

Lebih lanjut Rustam menegaskan usai sholat Id sekitar pukul 09.00 Wit, pihaknya akan menyembelih 8 ekor sapi dan 12 ekor kambing. Rencananya, kata dia hewan kurban yang akan disembelih itu, akan dibagikan pada kaum dhuafa dan warga yang kurang mampu disekitar masjid Al Munawar.

"Sampai sore ini kita belum melaporkan secara total hewan kurban yang akan disembelih. Mungkin nanti pukul jam 21.00 Wit, baru seluruh hewan kurbannya terkumpul. Kita ada minta mereka (penyumbang) agar ditahan diluar dulu, soalnya sebagian disini sudah penuh," kata Rustam.

Sementara dana kurban yang terkumpul di masjid Al Munawar, kata Rustam sudah mencapai Rp.70juta. Dana itu, rencananya akan dibelanjakan buat berkurban dan dibelanjakan untuk korban gempa d Halsel.

"Dana senilai 70juta itu akan kami gunakan pembelanjaan hewan kurban dan dibelanjakan bahan-bahan lain buat sudara-sudara kita yang terkena musibah di Halsel. Insya Allah besok akan kami laporkan dana ini disaat pelaksanaan sholat Id," ujarnya.

Hewan kurban yang terkumpul di Masjid Al Munawar sebanyak 18 ekor sapi dan 6 ekor kambing. Para penyumbang umumnya adalah para dermawan maupun jamaah dari Masid Al Munawar.

"Ada salah satu orang dermawan menyumbang sapi sebanyak 7 ekor yang akan disembeli pada esok hari. Sementara sisanya dari jamaah masjid Al Munawar yang ikut menyumbang beberapa ekor sapi dan 7 ekor kambing," tandasnya.

Sedangkan tahun ini Masjid Al Munawar juga ikut ambil bagian menyumbangkan hewan kurban ke warga korban gempa di Halsel.

"Untuk tahun ini kita ada kurban dan dagingnya akan kami berikan pada saudara-saudara kita di Halsel yang mengalami gempa. Panitia sudah bekerjasama dengan jamaah dari Habib Abubakar untuk bersama-sama memberikan bantuan kesana.ke wilayah gempa," tuturnya.

Sementara dalam pengamatan media ini, hampir seluruh masjid yang ada di Kota Ternate pada Minggu (11/8/2019) besok, mereka umumnya sudah siap melaksanakan shalat Idul Adha dan siap berkurban menyembeli beberapa hewan seperti sapi dan kambing

ALDY

Berita Terkait