Sabtu, 30 Mei 2020 | 03:02:30 WIB

Dana Provil dan Dana Brangkas Kantor Desa Raib Ditilep Bendahara Desa

Kamis, 22 Agustus 2019 | 17:46 WIB
Dana Provil dan Dana Brangkas Kantor Desa Raib Ditilep Bendahara Desa

(FOTO: IST/LINDO)

HALTENG, LINDO - Raibnya dana pengadaan provil dan brangkas kantor Desa Loleo, Kecamatan Weda Selatan, Kabupaten Halmahera Tengah, karena di tilep oleh bendahara desa bernama Dahlan.

Penyalagunaan dana tersebut di sampaikan oleh salah satu staf kantor desa Loleo kepada media ini beberapa waktu lalu. Menurutnya pengadaan dana tersebut bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) pada tahun 2017.

"Benar kalau pengadaan provil itu di pakai dari dana awal tahun 2017 sebesar Rp.2.500.000, sementara dana brangkas yang dianggarkan sebanyak Rp.5000.000 juga ikut ditilep. Tetapi sampai tahun 2018 ini pengadaan tersebut tidak di adakan.oleh bendahara desa," katanya.

Sementara dana pengadaan provil dan brangkas pernah dipertanyakan ke bendahara desa dan ia mengakui barang tersebut sebagiannya sudah dibayar, menunggu barang tiba lalu sisanya dilunasin.

"Bendahara mengakui sebagian barang tersebut sudah di bayar, hanya menunggu barangnya tiba lalu kita lunasi sekalian. Padahal setelah barangnya datang dan mau kita ambil ternyata brangkas dan provil tersebut sama sekali belum di bayar oleh bendahara desa," tandasnya.

Pengakuan lain yang disampaikan oleh staf desa, bahwa sang bendahara jarang masuk kantor, alasannya karena bekerja di kantor desa tidak dibayar alias tidak digaji. Apalagi ada agenda rapat terkait dana desa dan lain-lain sang bendahara tidak pernah ikut rapat dan tidak mau masuk kantor.

"Kalau masuk kantor tidak dibayar maka sang bendahara memilih berkantor dirumahnya. Dia tidak pernah masuk kantor apalagi yang namanya tidak ada duit dia tidak mau. Kalau ada rapat soal pembahasan yang berkaitan dengan uang dia tidak mau masuk kerja," tuturnya.

ALDY M

Berita Terkait