Kamis, 20 Februari 2020 | 14:06:15 WIB

Kemendagri Sebut RUU Pemindahan Ibu Kota Masih Mentah

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 16:31 WIB
Kemendagri Sebut RUU Pemindahan Ibu Kota Masih Mentah

Plt Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik. (FOTO: ANTARA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Pelaksana Tugas Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik menyebut rancangan undang-undang (RUU) pemindahan ibu kota masih mentah. Naskah akademik soal pemindahan ibu kota belum rampung.
 
"Belum. Masih melakukan persiapan-persiapan," kata ujar Akmal dalam diskusi bertajuk 'Gundah Ibu Kota Pindah' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 24 Agustus 2019.
 
Akmal mengatakan setiap kementerian dan lembaga masih berembuk untuk menyusun naskah akademis tersebut. Setiap kementerian dan lembaga sudah bertemu dan memberikan masukan sesuai perspektif masing-masing. Namun, Akmal masih bungkam terkait pembahasan tersebut. 

"Setiap kementerian dan lembaga memberikan masukan seperti ini, itu, nah nanti Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang akan menggodok," ujar Akmal.
 
Sebelumnya, Wakil Ketua MPR fraksi PKS Hidayat Nur Wahid menyebut pemindahan ibu kota perlu didasarkan pada Undang-Undang. Ia meminta pemerintah lebih dulu mengajukan rancangan Undang-Undang (RUU) pemindahan ibu kota.
 
Ia mengatakan negara seharusnya mengedukasi rakyat untuk menaati UU dan konstitusi dalam memindahkan ibu kota. Pemerintah tak bisa sepihak.

MEDCOM

Berita Terkait