Jumat, 25 September 2020 | 16:48:52 WIB

Polda Metro Gelar Operasi Patuh Jaya 2019

Kamis, 29 Agustus 2019 | 11:47 WIB
Polda Metro Gelar Operasi Patuh Jaya 2019

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Wahyu Hadiningrat (tengah). (FOTO: MEDCOM/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2019. Operasi ini berlangsung selama 14 hari, sejak 29 Agustus hingga 11 September 2019.
 
Wakapolda Metro Jaya Brigjen Wahyu Hadiningrat mengatakan operasi ini untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.
 
"Tujuan kedua adalah mengurangi angka kecelakaan. Ketiga, membangun budaya tertib berlalu lintas serta meningkatkan pelayanan publik," kata Wahyu di Polda Metro Jaya, Kamis, 29 Agustus 2019.

Operasi ini melibatkan 2.389 personel gabungan yang terdiri dari unsur kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. "Salah satu yang menjadi fokus perhatian kita adalah keselamatan dalam lalu lintas yang sering diabaikan," tambahnya.
 
Operasi Patuh Jaya 2019 akan dilaksanakan pada seluruh Polres yang berada di wilayah Polda Metro Jaya. Polres setempat menentukan titik lokasi operasi.
 
Ada tujuh pelanggaran yang menjadi target operasi. Seperti melawan arus, penggunaan rotator atau sirine yang tidak diperuntukkan, dan penggunaan ponsel saat mengemudi.
 
Selain itu, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI, pengemudi yang dalam pengaruh narkoba atau minuman keras, pengemudi berusia di bawah 17 tahun, dan pengemudi yang mengendarai mobil melebihi batas kecepatan juga menjadi target operasi.
 
"Sasarannya ada tujuh secara keseluruhan. Namun, ada tiga sasaran yang menjadi prioritas yakni pengemudi yang melawan arus, penggunaan rotator, dan pengemudi yang masih di bawah umur," pungkas Wahyu.

MEDCOM

Berita Terkait