Senin, 13 Juli 2020 | 02:24:45 WIB

Saut Ibaratkan Capim KPK Bermasalah ‘Kucing Kurap’

Kamis, 29 Agustus 2019 | 12:03 WIB
Saut Ibaratkan Capim KPK Bermasalah ‘Kucing Kurap’

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Gedung KPK, Jakarta. (FOTO: MI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Calon pimpinan (capim) jilid V bermasalah dipastikan tidak akan nyaman berada di lingkungan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). ‘Kucing kurap’ sebutan bagi calon bermasalah hanya akan dianggap wabah oleh pegawai KPK.
 
“Katakanlah nanti kita dapat kucingnya tuh kucing kurap, memang tetap bisa tangkap tikus, tapi nanti kebanyakan garuknya daripada nangkap tikusnya,” kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 28 Agustus 2019.
 
Saut menegaskan aturan etik di internal KPK sangat ketat. Dia mencontohkan salah satu aturan ketat di lembaganya yakni sanksi bagi pegawai KPK yang memakai batik lengan pendek saat menggelar konferensi pers.

Saut yakin capim bermasalah tidak akan nyaman dengan aturan ketat di lingkungan Lembaga Antirasuah. Dia bahkan memastikan calon bermasalah itu tidak akan bisa merusak marwah KPK.
 
“Mau coba-coba? Masuk ke sini, paling kami sembuhkan kurapnya,” kata Saut.
 
KPK telah merilisi catatan hitam beberapa nama dari 20 kandidat capim yang lolos tes profile assesment. Dari hasil investigasi itu, sejumlah diduga pernah menerima gratifikasi, melakukan pelanggaran etik, melakukan intimidasi terhadap pegawai KPK hingga malas menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).
 
Tak hanya itu, catatan kelam capim itu juga telah diserahkan KPK kepada pansel. Sayangnya, pansel tak menggubris saran KPK dan meloloskan nama-nama yang bermasalah tersebut.
 
Kendati begitu, menurut Saut, pihaknya tak tinggal diam. KPK akan segera mengirimkan surat undangan kepada pansel untuk melihat langsung bukti adanya calon yang memiliki rekam jejak kelam.
 
“Kami sudah mau bikin surat menawarkan mereka datang,” pungkas Saut.

MEDCOM

Berita Terkait