Sabtu, 14 Desember 2019 | 18:16:28 WIB

Tokoh Senior Papua: Bintang Kejora Bukan Bendera Papua

Jum'at, 30 Agustus 2019 | 16:56 WIB
Tokoh Senior Papua: Bintang Kejora Bukan Bendera Papua

Para perwakilan tokoh Papua dari yang senior hingga figur muda bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto. Dalam pertemuan itu, mereka berdialog bersama dan menemukan kesepakatan agar semua pihak mendinginkan suasana. (FOTO: INDONESIAINSIDE/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Tokoh senior Papua Freddy Numberi menegaskan bintang kejora bukan bendera Papua. Bendera itu sudah ada sejak kolonial Belanda.
 
"Orang selama ini melihat bendera itu bendera negara, bukan. Itu adalah bendera, Belanda sebut itu land flag," kata Freddy di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat, 30 Agustus 2019.
 
Freddy mengatakan bendera tersebut bukan melambangkan negara. Namun hanya untuk mematok wilayah.

Freddy juga menilai banyak yang salah kaprah dengan lagu yang dinyanyikan masyarakat Papua. Dia menegaskan lagu yang selama ini dinyanyikan bukan lagu kebangsaan Papua melainkan lagu rakyat setempat.
 
Dia pun mengapresiasi komitmen Presiden Joko Widodo dalam membangun Papua. Jokowi dinilai selama ini membangun Bumi Cenderawasih dengan sangat konkret.
 
Dia menyampaikan pandangan ini didasari pengalamannya menjadi pejabat negara sejak Presiden Abdurrahman Wahid hingga Susilo Bambang Yudhoyono.
 
"Memang ada hal-hal kecil yang belum tersentuh dan itu kita akui. Sebagai pemerintah itu diakui, itu kita bertahap untuk menyempurnakan," kata dia.
 
Menurut dia, rentetan unjuk rasa yang anarkis di Papua harus segera diakhiri. Sebab, semakin banyak isu yang akan mengikuti dan membuka celah lebar untuk disusupi.
 
"Dalam kesempatan ini saya imbau kepada adik-adik di tanah Papua kembali tenang, percayakan kepada pemerintah dapat menyelesaikan semua ini dengan baik," kata dia.

MEDCOM

Berita Terkait