Rabu, 19 Februari 2020 | 09:38:21 WIB

Kondisi Papua Berangsur Kondusif, Massa Perusuh Dipukul Mundur

Jum'at, 30 Agustus 2019 | 19:51 WIB
Kondisi Papua Berangsur Kondusif, Massa Perusuh Dipukul Mundur

(FOTO : ISTIMEWA/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, kondisi di Jayapura, Papua, sudah mulai kondusif. Kepastian itu didapat setelah melakukan koordinasi dengan jajaran Polda Papua. Massa yang menggelar unjuk rasa pun berhasil dibubarkan secara damai.

“Secara umum untuk wilayah Jayapura sudah membaik dan kondusif. Giat semalam berakhir pukul 22.30 WIT. Massa di depan kantor Gubernur sudah pulang dengan difasilitasi kendaraan dinas Polri dan Tentara Nasional Indonesia (TNI),” ungkap Brigjen Pol Dedi Prasetyo, Jumat (30/8).

Situasi kondusif ini terpantau masih berlangsung hingga pagi ini. Tidak ada pergerakan massa yang akan menggelar untuk rasa. “Pagi ini belum ada info gerakan massa,” ujarnya.

Secara Terpisah, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Letkol Cpl Eko Daryanto mengatakan, untuk memulangkan massa, pihaknya mengerahkan 10 truk untuk mengevakuasi 1.000 massa. Bantuan ini diberikan sebab ada ketakutan dari massa akan terjadi bentrok dengan massa lainnya.

“Pengerahan truk TNI/Polri yang dimulai sejak pukul 09.15 adalah dalam upaya mengantisipasi bentrok antara massa aksi demo yang merasa ketakutan untuk kembali ke tempat masing-masing dengan aksi masyarakat yang mengatasnamakan kelompok masyarakat Paguyuban Nusantara yang menolak aksi demo,” terang Letkol Cpl Eko Daryanto.

Untuk itu, Kodam XVII/Cenderawasih menghimbau terhadap masyarakat Paguyuban Nusantara untuk menghentikan aksi sweeping terhadap pelaku aksi demo. Aparat juga akan meningkatkan pengamananan terhadap objek-objek vital dan memback-up Polda Papua dalam rangka pengamanan aksi-aksi demo di lapangan.  (ARMAN R)

Berita Terkait