Rabu, 08 April 2020 | 05:32:45 WIB

Kesehatan Mantan Presiden Habibie Membaik

Senin, 9 September 2019 | 12:45 WIB
Kesehatan Mantan Presiden Habibie Membaik

Presiden ketiga Republik Indonesia B.J Habibie. (FOTO: MI/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Kesehatan Presiden ketiga Republik Indonesia B.J Habibie membaik. Habibie diminta istirahat total di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.
 
"Alhamdulillah tadi pagi saya mendapat berita dari kepala bagian kesehatan menyampaikan update dari ketua tim dokter kepresidenan bahwa kondisi beliau (Habibie) membaik," kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 9 September 2019.
 
Setya mengatakan Istana terus memantau kondisi Habibie. Dia menyebut ada 44 dokter yang memantau kondisi kesehatan Habibie.

Setya memerinci ke-44 orang itu, yakni 34 ahli di berbagai bidang dan spesialis serta 10 dokter pribadi presiden."Tim panel ini kapan pun dibutuhkan dikontak oleh katakan ajudan mantan presiden atau mantan wapres, siap sedia. Kemudian akan dikirim tim ahli ke sana," ungkap dia.
 
Setya menyebut pemerintah menanggung seluruh biaya perawatan Habibie. Ini sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan dan Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden Indonesia.
 
Ia menambahkan pemimpin dan mantan pemimpin negara bisa dirawat di rumah sakit rujukan utama, seperti RSPAD Gatot Soebroto, RS TNI AU, RS TNI AL, RS Polri, dan RS PMI Bogor. "Dalam hal ini juga di-cover pemerintah seluruhnya. Pembiayaan di mana pun beliau dirawat," tutur dia.
 
Setya menambahakan Presiden Joko Widodo berencana menjenguk Habibie. "Insyaallah. Tapi saya tidak tahu pasti kapan waktunya," tutur dia.
 
B.J Habibie kembali dirawat di rumah sakit. Habibie sudah dirawat seminggu.
 
Asisten pribadi Habibie, Rubijanto, mengungkapkan Habibie diminta tim dokter mendapat perawatan optimal dan istirahat penuh. Habibie belum diizinkan untuk dikunjungi.

MEDCOM

Berita Terkait