Senin, 30 Maret 2020 | 17:20:30 WIB

Peringati Hari Jadi Ke-74, TNI AL Tunjukkan Jati Diri Sebagai Komponen Pertahanan Negara

Selasa, 10 September 2019 | 17:17 WIB
Peringati Hari Jadi Ke-74, TNI AL Tunjukkan Jati Diri Sebagai Komponen Pertahanan Negara

(FOTO : DISPENAL/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Selama 74 tahun Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) telah menunjukkan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang kian dinamis. Hal demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., mengawali sambutan memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi TNI AL ke-74, di Dermaga Pondok Dayung, Koarmada I, Jakarta Utara, Selasa (10/9). 

Menurut Kasal, tanggal 10 September memiliki arti yang sangat penting bagi TNI AL, karena berdasarkan fakta sejarah, tanggal 10 September 1945 merupakan hari lahirnya Badan Keamanan Rakyat Bagian Laut (BKR Laut), yang merupakan tonggak sejarah berdirinya TNI AL. Oleh karena itu, untuk menghormati jasa pendiri BKR Bagian Laut, maka setiap tanggal 10 September ditetapkan sebagai hari lahirnya TNI AL.

Selaras dengan visi pemerintah lima tahun ke depan, TNI AL tahun ini adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Tingginya tingkat profesionalisme dan komitmen yang ditunjukkan oleh prajurit dan PNS TNI AL dengan jelas merupakan bekal pokok di jalur kemajuan bangsa Indonesia. Pada peringatan HUT kali ini tema yang diambil yaitu, “Bersama Rakyat TNI AL Siap Membangun SDM Unggul, Fondasi Indonesia Maju”.

“Kebijakan pembangunan TNI AL ke depan, selain untuk mencapai kesiapan operasional, juga diarahkan pada peningkatan profesionalisme personel. Lembaga Pendidikan dan Lembaga Pelatihan di lingkungan TNI AL harus mampu membangun karakter prajurit yang mampu menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan tantangan tugas serta memiliki kejuangan tinggi, sehingga mampu menghadapi perubahan dan persaingan dunia yang semakin ketat serta membutuhkan kualitas SDM yang tepat,” ujar Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Dalam peringatan HUT TNI AL Ke-74 Tahun 2019 yang melibatkan 1.134 personel ini, Kasal juga menganugerahkan tanda kehormatan Satya Lencana (SL) Kesetiaan VIII Tahun kepada Klk Nav Zaki Mubarok anggota Satkopaska Koarmada I, Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun kepada Serma Pom Rusli anggota Satprov Denma Kolinlamil, dan Satya Lencana Kesetiaan XXIV Tahun yang diberikan kepada Kapten Marinir Imron, Pasi-1 Yonkapa, Menkav Pasmar-1.

Guna menyemarakkan hari jadi TNI AL ke-74, ditampilkan pula Tari Genjring Nusantara gabungan dari Kowal dan Jalasenastri, demonstrasi beladiri gabungan dari Kopaska Martial Art Koarmada I, Aikido Kopaska Koarmada I, Tim Karate Koarmada I, Jiu Jitsu Dislambair Koarmada I, dan Merpati Putih Seskoal dengan background unsur KRI dan Ranpur antara lain KRI Bung Tomo-357, KRI Sultan Thaha Syaifuddin-376, KRI Teluk Sabang-544, KRI Torani-860, serta 4 Unit BTR.  

Selain itu, dalam upacara parade dan defile kali ini melibatkan pula pasukan upacara, yang terdiri dari 1 unit Korsik gabungan Mabesal, Lantamal III Jakarta dan Lanmar Jakarta, kelompok Panji TNI AL, 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Perwira gabungan (Pamen dan Pama) dari Mabesal, Kormar dan Kolinlamil, 1 Satuan Setingkat Batalyon (SSY) Gabungan dari Puspomal dan Kowal, 1 SSY Bintara gabungan dari Koarmada I dan Kolinlamil, 1 SSY Tamtama Gabungan dari Kolinlamil,  Pushidrosal dan Seskoal, 1 SSY Marinir dari Kormar, 1 SSY Gabungan dari Dislambair dan Puspenerbal, 1 SSY Gabungan Kopaska dengan Taifib, 1 SSK gabungan Kompi PNS dan Kompi Gabungan Saka Bahari. 

Dari hasil penilaian dewan juri, berhasil sebagai juara defile, yaitu Juara I Kompi II Marinir, Juara II Kompi Pomal dan Juara III Kompi 2 Tamtama TNI AL. Semaraknya HUT TNI AL Ke-74 nampak dengan digelarnya Naval Base Open Day berupa kegiatan pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI AL, panggung hiburan, dan bazar, sehingga masyarakat umum dapat mengabadikan moment menarik tersebut dengan foto bersama prajurit TNI AL. 

Kegiatan Peringatan Hari Jadi TNI AL ke-74, turut dihadiri diantaranya Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Wakasal Laksdya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., Sekjen Kemhan Laksdya TNI  Agus Setiadji, S.A.P., M.A., Danjen Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., Kabakamla Laksdya TNI A.Taufiq R., S.E., para Asisten Kasal, para Pimpinan Kotama TNI AL, dan para Mantan Kasal dari masa ke masa, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hadir pula Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji, dan Ibu-ibu Dharma Pertiwi, serta undangan lainnya. (ARMAN R)

Berita Terkait