Rabu, 26 Februari 2020 | 00:32:23 WIB

SMK KAL-1 Gelar LDKS Bagi Seluruh Siswa Baru Kelas X TP 2019/2020

Rabu, 25 September 2019 | 21:09 WIB
SMK KAL-1 Gelar LDKS Bagi Seluruh Siswa Baru Kelas X TP 2019/2020

(FOTO : YHT/LINDO)

JAKARTA, LINDO - Sekolah Menengah Khusus Angkatan Laut (SMK KAL-1)  Surabaya selama tiga hari melaksanakan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) bagi 167 siswa baru kelas X Tahun Pelajaran (TP) 2019/2020, dengan Inspektur Upacara (Irup) Kepala SMK KAL-1 Letkol Laut (KH) Drs Burhan , M.Pd, yang berlangsung di Villa MCA Pacet, Mojokerto, Jawa Timur (Jatim), Rabu Sore (25/9).

LDKD SMK KAL-1, untuk TP 2019/2020 sengaja diikuti seluruh siswa baru dari 4 jurusan, yaitu Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) sebanyak 74 siswa, Jurusan Teknik Pemesinan (TPM) 50 siswa, Jurusan teknik Instalasi Tenaga Listri (TITL) 26 siswa, dan jurusan Teknik Audio Video (TAV) 18 siswa. Pembukaan LDKS ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan yang ditunjuk dari masing-masing jurusan oleh Irup.

Kepala SMK KAL-1 dalam sambutannya mengatakan, seluruh staf manajemen , guru, pelatih dan seluruh peserta LDKS  dapat mewujudkan tekad SMK KAL-1 menghasilkan out put generasi Muda  yang berkarakter disiplin, jujur santun dan profesional.

Pelaksanaan LDKS di mulai 25 - 27 September di Villa MCA Pacet Mojokerto, melibatkan seluruh Manajemen Sekolah mulai dari Kepala Sekolah, para Wakil Kepala (Waka), Kepala Program Pembina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), Pabingsis/ perwira pembimbing siswa dan beberapa guru yang di tunjuk. Materi yang diberikan antara lain, materi keorganisasian siswa, kedisiplinan siswa, kepemimpinan. Berbagai materi   juga  diberikan meliputi PBB (Peraturan Baris - Berbaris), cinta tanah air/bela negara, kemampuan siswa dalam kecakapan mental, mampu berbicara di depan orang banyak, mengeluarkan pendapat, pembuatan program kerja organisasi hingga pemikiran mengenai seorang pemimpin yang bijaksana.

LDKS merupakan tahap pertama atau merupakan syarat yang harus dilalui para siswa dan siswi sebelum masuk menjadi pengurus OSIS, dimana siswa harus terlebih dahulu mengikuti LDKS. 

Pelatihan ini punya peranan penting untuk membangun karakter kepemimpinan agar dimasa depan nanti bisa memberikan kontribusi terbaiknya untuk organisasi, keluarga dan masyarakat. Semua siswa harus mentaati peraturan yang sudah ditetapkan dan apabila ada yang melanggar, sanksi pun diberlakukan. 

Selama tiga hari peserta berada di Villa MCA, kegiatan di mulai pagi  jam 04.30 hingga malam hari jam 22.30.  Tidak ketinggalan kegiatan religi/keagamaan juga di laksanakan karena merupakan fondasi untuk ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bagi yang beragama islam selalu dilaksanakan sholat wajib berjama’ah.

Seusai upacara pembukaan LDKS, seluruh peserta mendapat pemantapan fisik berupa pendadakan dengan gerakan-gerakan yang dapat menguatkan fisik dan mental peserta serta pengenalan berbagai disiplin siswa guna di terapkan dalam keseharian di lingkungan sekolah SMK KAL-1. (ARMAN R)

Berita Terkait